Tahu dan Tofu, Apa Bedanya?

By Cirana Merisa, Senin, 23 Oktober 2017 | 08:25 WIB
Tekstur tahu lembut tapi padat, sedangkan tofu teksturnya sangat lembut. (Cirana Merisa)

Teman-teman suka makan tahu? Makanan ini dalam bahasa Inggris disebut tofu. Tapi tahu dan tofu ternyata berbeda, lo. Apa ya perbedaannya? Yuk, kita simak.

Teksturnya

Tahu memiliki tekstur yang padat, tapi lembut. Sementara, tofu teksturnya lembut dan saat dimakan akan lebih mudah dikunyah. Karena teksturnya yang sangat lembut inilah tofu lebih mudah hancur. Lain dengan tahu yang lembut tapi tidak mudah hancur.

Kandungan Air

Tekstur tahu dan tofu bisa berbeda karena kandungan air yang terdapat pada tofu lebih banyak daripada tahu. Dalam proses pembuatannya, air yang ada dalam tahu sudah dikurangi. Kandungan air yang banyak ini membuat tofu menjadi lebih lembut dan licin. Maka itu, tofu harus dimasukkan ke dalam plasik khusus agar kandungan airnya tetap terjaga.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Tahu

Asalnya

Tahu sebenarnya berasal dari Tiongkok. Nama tahu berasal dari bahasa Hokkian yaitu doufu (dibaca toufu) yang artinya kedelai terfermentasi. Doufu akhirnya tersebar ke seluruh dunia dan mengalami perubahan di negara-negara lain yang akhirnya menjadi sedikit berbeda antara satu negara dengan negara lain.

Di Indonesia, doufu ini dikenal dengan nama tahu, teksturnya lembut dan padat. Tahu muncul dengan berbagai variasi, seperti tahu putih dan tahu kuning. Di Jepang, doufu disebut tofu dengan tekstur yang sangat lembut. Biasanya tofu dibuat menjadi makanan yang ada di dalam sup miso.