Kenapa Bisa Ada Lesung Pipi?

By Cirana Merisa, Senin, 23 Oktober 2017 | 09:25 WIB
Kalau orangtua memiliki lesung pipi, ada kemungkinan anak juga berlesung pipi. (Cirana Merisa)

Siapa yang punya lesung pipi? Katanya, orang yang punya lesung pipi itu lebih cantik dan manis. Faktanya, setiap orang punya kecantikan masing-masing. Lalu kenapa bisa muncul lesung pipi?

Otot yang Tidak Normal

Lesung pipi yang membuat cantik ini sebenarnya ada karena pergerakan otot yang tidak normal. Ada satu otot bernama zygomaticus major yang menghubungkan antara mulut bagian bawah dengan tulang pipi.

Saat tersenyum, otot ini harusnya bergerak ke arah atas. Namun, terkadang otot ini tidak bergerak bersamaan, melainkan bergerak saling menjauh dan menimbulkan cekungan kecil yang akhirnya memunculkan lesung pipi.

Tulang yang Tidak Sempurna

Sebagian orang juga memiliki lesung di dekat dagu, lo. Nah, kalau lesung di dagu ini terjadi karena tulang dagu yang terbentuk tidak sempurna. Sama seperti otot zygomaticus major, tulang dagu ini juga terbelah sedikit sehingga menimbulkan lesung. Namun, terbelahnya tulang dagu ini tidak bahaya, kok, teman-teman.

Faktor Genetik

Kalau orangtua memiliki lesung pipi, ada kemungkinan teman-teman juga memiliki lesung pipi. Peluang teman-teman mendapatkan lesung pipi dari faktor genetik adalah 50%, tapi ada juga kemungkinan kamu tidak memiliki lesung pipi walaupun orangtuamu berlesung pipi.

Ternyata lesung pipi itu berawal dari ketidaksempurnaan, ya. Siapa bilang orang yang tidak sempurna itu buruk? Buktinya adalah lesung pipi ini.