Inilah Makanan Pemutih Gigi

By willa widiana, Minggu, 29 Oktober 2017 | 04:35 WIB
Cokelat Hitam (willa widiana)

Beberapa makanan bisa menyebabkan gigi berubah warna. Namun, ada juga beberapa makanan yang bisa memutihkan gigi. Berikut beberapa makanan pemutih gigi menurut Harold Katz, dokter gigi dari Beverly Hills, Amerika.

Cokelat Hitam

Rasa cokelat hitam memang pahit, namun bubuk pahit yang bernama teobromin itulah yang membantu menguatkan enamel pada permukaan gigi. Enamel yang kuat akan membantu mencegah perubahan warna pada gigi. O iya, yang bisa membantu memutihkan gigi hanya cokelat hitam.

Teh Hijau

Ada yang suka teh hijau? Ternyata, teh hijau mengandung tannin. Itu adalah zat yang menyulitkan bakteri menempel pada gigi. Jadi, tannin bisa mencegah perubahan warna pada gigi dan mengurangi bau napas yang tak sedap.

Stroberi

Stroberi mengandung zat asam malat yang bisa membantu membersihkan warna kecoklatan pada gigi. O iya, stroberi juga bisa dijadikan pemutih gigi alami, jika dicampurkan dengan baking soda.

Baca juga: Fakta Seputar Gigi

Kacang-kacangan, Biji-bijian, Apel, dan Pir

Makanan yang bersifat renyah, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, apel, dan pir bisa membantu mengikis plak dan zat yang mengubah warna gigi. Selain itu, makanan kasar juga membantu menguatkan gusi, lo!

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, makanan pemutih gigi itu perlu dikonsumsi di pagi hari saat bangun tidur. Kenapa? Karena pada saat itulah, plak pada gigi paling banyak menumpuk.

Foto: pixabay.com