Berkenalan Lebih Dekat dengan Hiena

By Cirana Merisa, Sabtu, 28 Oktober 2017 | 07:05 WIB
Hiena tutul rata-rata bisa hidup selama 20 sampai 25 tahun di alam liar. (Cirana Merisa)

Teman-teman ada yang tahu hewan hiena atau hyena? Hewan yang banyak ditemui di Afrika ini mirip seperti anjing yang bertubuh harimau.

Jenis Hiena

Hiena termasuk dalam famili Hyaenidae. Ada empat jenis hiena, yaitu hiena tutul (Crocuta crocuta), hiena cokelat (Hyaena brunnea), hiena loreng (Hyaena hyaena), dan aardwolf (Proteles cristatus). Hiena tutul merupakan hiena yang paling besar dengan berat mencapai 95 kilogram. Sedangakan aardwolf merupakan hiena terkecil.

Tempat Tinggal

Hiena merupakan hewan yang banyak ditemui di Afrika, Arab, Asia, dan India. Hewan ini hidup di sabana, padang rumput, hutan, dan gurun. Biasanya hiena membuat sarang di tempat yang tinggi. Sarang-sarang mereka saling terhubung dengan terowongan bawah tanah yang berfungsi untuk melindungi diri dari penyusup.

Makanan

Hiena dijuluki sebagai hewan pemulung, lo. Kira-kira kenapa, ya? Kebiasaan makan hiena adalah memakan makanan sisa. Makanan hiena adalah hewan yang telah dibunuh oleh hewan lain. Itulah mengapa hiena dianggap mudah dalam memilih makanan.

Walaupun lebih suka makanan sisa, bukan berarti hiena tidak bisa berburu, lo. Saat tidak ada makanan sisa, hiena juga akan berburu mangsanya, seperti wildebeest, monyet, dan burung. Mereka biasanya berburu pada malam hari.

Umur Hiena

Hiena tutul rata-rata bisa hidup selama 20 sampai 25 tahun di alam liar, tapi jika di dalam penangkaran, umur hiena tutul bisa mencapai 40 tahun, lo. Itu karenakan di dalam penangkaran mereka diberikan makanan yang baik dan sehat serta tidak ada ancaman hewan buas lain yang memburu mereka.