Manfaat Buah Durian

By Putri Puspita, Selasa, 24 Oktober 2017 | 08:12 WIB
Durian yang Kaya Manfaat (Putri Puspita)

Dari jarak cukup jauh pun, sudah tercium aroma buah yang satu ini. Rasa manisnya yang khas membuat para pecinta durian tak bisa berhenti menyukainya. Selain manis dan enak, ternyata buah durian juga kaya manfaat, lo!

Membuat Kulit Sehat

Salah satu manfaat buah durian adalah meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini bisa terjadi karena buah durian mengandung Vitamin C sebagai bahan baku pembuatan kolagen. Nah, kolagen merupakan faktor penting untuk menjaga keremajaan kulit.

Bukan hanya untuk kulit, kandungan ini pun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang, dan otot.

Menghilangkan Stres

Bukan hanya untuk kesehatan fisik, ternyata durian juga baik untuk menghilangkan stres. Raja buah ini mengandung salah satu jenis asam amino, trypthopan, yang berguna untuk meningkatkan hormon serotonin. Hormon serotonin inilah yang mempengaruhi tingkat stres seseorang.

Biji Durian

Ternyata, bukan hanya daging buah durian saja yang bisa dikonsumsi, biinya pun bisa. Biji durian bisa dijadikan camilan dengan cara direbus, dibakar, atau dicampur dengan kolak durian. Biji durian ini mengandung amilosa yang cukup tinggi.

Namun, kita harus berhati-hati memilih biji durian untuk dikonsumsi. Jangan memilih biji durian yang mentah karena beracun, tepatnya mengandung asam lemak siklopropena yang berbahaya.

Kulit Durian

Wah, hebatnya lagi, kulit buah durian pun banyak memiliki manfaat, terutama kulit bagian dalam yang berwarna putih. Pada bagian ini terdapat zat bernama pektrin yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh.

Ingat, Jangan Berlebihan!

Buah durian memang kaya manfaat dan tentu rasanya enak. Namun, apapun yang berlebihan memang bisa merugikan, termasuk durian. Mengonsumsi durian secara berlebihan bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Batas konsumsi terbaik buah durian dalam satu hari adalah 100-200 gram saja.

Teks dan Foto: Putri Pupsita | Bobo.ID