Ban Giok – Detian Waterfalls, Air Terjun di Perbatasan Vietnam dan Tiongkok

By Aan Madrus, Selasa, 24 Oktober 2017 | 04:46 WIB
Indahnya air terjun ban giok - detian waterfalls (Aan Madrus)

Sungai Quây Son menjadi pembatas antara  Vietnam dan Tiongkok. Di perbukitan karang yang terletak di Kabupaten Daxin, Guanxi, Tiongkok dan Distrik  Trùng Khánh, Provinsi Cao Bang, Vietnam, sungai itu membentuk rangkaian air terjun yang sangat indah.

Jika musim kemarau, air terjun hanya ada dua rangkai. Musim hujan yang jatuh antara bulan Mei sampai September, membuat air sungai meluap. Saat itu air terjun itu ada tiga rangkai. Ketiga air terjun itu dibatasi oleh pepohonan dan batu karang.

Dari tiga rangkaian air terjun itu, dua di antaranya masuk wilayah Vietnam dan diberi nama Ban Giok. Sedangkan yang satunya masuk wilayah Tiongkok dan diberi nama Detian Waterfalls.

Air terjun itu tidak tinggi. Hanya sekitar 30 meter tingginya, tapi lebar keseluruhannya sekitar 300 meter, hingga membuat air terjun itu menjadi air terjun terbesar di Asia. Ia juga menjadi air terjun terbesar ke-4 di dunia setelah Iguazu Falls, Victoria Falls, dan Niagara Falls.

Air terjun yang terletak  272 km sebelah utara Hanoi itu, airnya jatuh menabrak tebing karang, sehingga menghasilkan suara menggemuruh yang terdengar sampai jauh.