Cari Tahu Sejarah Badminton, Yuk!

By willa widiana, Selasa, 24 Oktober 2017 | 06:41 WIB
Inilah sejarah singkat tentang badminton. (willa widiana)

Badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak dimainkan. Kira-kira, dari mana badminton berasal? Kita cari tahu sejarah badminton, yuk!

Menggunakan Kaki

Diperkirakan, badminton sudah berkembang di Mesir sejak 2000 tahun lalu. Namun, ada juga yang menyebutkan, bahwa badminton berasal dari Tiongkok. Kala itu, permainan ini dimainkan tanpa raket di Tiongkok. Jadi, masyarakat di sana menendang-nendang kok ke udara dengan kaki mereka. Selama melakukan kegiatan itu, kok tidak boleh menyentuh tanah. Jika kok menyentuh tanah, pemain dianggap kalah.

Menggunakan Tongkat

Beralih ke Inggris, anak-anak di negara ini memainkan kok dengan tongkat atau dayung. Sama seperti peraturan badminton yang ada saat ini, kok tidak boleh menyentuh tanah. Jika menyentuh tanah, pemain dianggap kalah. Permainan ini cukup populer di Inggris. Bahkan, sebuah majalah di Inggris pernah membahas permainan ini.

Menggunakan Raket

Pada abad ke-18, permainan ini ada di India. Kala itu, tentara Inggris yang bertugas di India sudah menambahkan jaring dalam alat pukul permainan badminton (kini namanya raket). Di India, permainan ini dikenal dengan nama Poona. Namun, pada tahun 1860, permainan ini resmi dinamai badminton.

Diadakan Pertandingan

Pada tahun 1899, kejuaraan badminton mulai diadakan. Kejuaraan badminton itu pun dinamai All England. Setelah itu, kejuaraan badminton pun terus bermunculan, ada Thomas Cup, Uber Cup, hingga Sudirman Cup. O iya, badminton juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga dalam acara Olimpiade Musim Panas.

Kini, badminton sudah menjadi permainan yang terkenal, terutama di daerah Asia Timur, Asia Tenggara, dan Skandinavia. Itulah sejarah singkat tentang badminton. Apakah kamu juga suka badminton?

Ilustrasi: Dok.Bobo