Apa Itu Plankton?

By willa widiana, Kamis, 26 Oktober 2017 | 03:07 WIB
Apa Itu Plankton? (willa widiana)

Saat menonton animasi Spongebob Squarepants, teman- pasti melihat tokoh bernama plankton. Sebenarnya, plankton itu apa, sih?

Makhluk Hidup

Plankton adalah makluk hidup yang tinggal di laut. Ukuran plankton sangat kecil. Untuk melihat mereka, diperlukan bantuan alat pembesar seperti mikroskop. Karena ukurannya yang kecil, plankton akan terapung ke sana-ke mari, terbawa oleh arus.

Dua Jenis

Plankton ada dua jenis, yakni phytoplankton dan zooplankton.

Phytoplankton adalah organisme yang mirip tumbuhan. Ia memiliki klorofil, jadi bisa melakukan fotosintesis, persis seperti tumbuhan. Kalau zooplankton mereka suka makan organisme lain supaya bisa tetap hidup, mirip seperti hewan.

Plankton memang ada yang mirip tumbuhan dan ada yang mirip hewan. Meski begitu, plankton tidak termasuk ke dalam tumbuhan dan hewan. Dulu, makhluk hidup ini punya kerajaan sendiri, namanya Protista.

Sumber Makanan

Dalam rantai makanan laut, plankton berada di posisi paling bawah. Itu artinya, makhluk kecil ini merupakan sumber makanan bagi banyak penghuni laut. Jika tidak ada plankton, laut hanya dihuni oleh beberapa jenis makhluk hidup saja. O iya, tanpa plankton, laut tidak akan punya terumbu karang yang indah.

Itulah sedikit penjelasan tentang plankton. Kalau menurutmu, plankton itu apa, Teman-teman?

Foto: Creative Commons