Jalan-jalan Keliling Tata Surya Lewat Google Maps

By Iveta Rahmalia, Selasa, 24 Oktober 2017 | 07:45 WIB
Jalan-jalan keliling Tata Surya lewat Google Maps. (Iveta Rahmalia)

Siapa yang ingin jadi astronaut? Sebelum jadi astronaut, kita bisa jalan-jalan keliling Tata Surya, lo! Kita bahkan tak perlu naik pesawat antariksa, cukup duduk di depan komputer atau di depan gadget. Yap, kita bisa jalan-jalan keliling Tata Surya lewat Google Maps! Begini caranya.

Fitur Baru

Belum lama ini, Google baru saja mengeluarkan fitur terbaru dari Google Maps. Fitur ini membuat kita bisa jalan-jalan secara virtual ke berbagai planet dan satelit alami di Tata Surya. Keren, ya! Data-data yang ada di Google Maps ini didapat dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan European Space Agency (ESA). Data-data ini sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun, lo!

Baca Juga: Stasiun Antariksa, Hidup di Langit, Dikubur di Lautan

16 Planet dan Satelit Alami

Hingga saat ini, terdapat 16 planet dan satelit alami yang bisa kita jelajahi. Beberapa di antaranya adalah Merkurius, Venus, Bulan, dan Titan. Dengan fitur ini, kita bisa mengetahui permukaan setiap planet dan satelit dari jarak dekat. Bagaimana caranya?

Teman-teman perlu membuka tautan berikut ini dulu.

Setelah itu, akan muncul pilihan planet dan satelit di bagian layar sebelah kiri. Kita tinggal memilih planet atau satelit mana yang ingin kita kunjungi, lalu klik. Untuk melihat dari dekat atau jauh, kita tinggal klik tanda zoom-in atau zoom-out di bawah kanan layar.

Bisa ke ISS Juga

O iya, kita bukan hanya bisa jalan-jalan di planet dan satelit, tapi juga di stasiun antariksa internasional atau ISS. Wah… serunya! Teman-teman tahu ISS, kan? Itu, lo, tempat penelitian dan pengamatan antariksa yang melayang di ruang angkasa. ISS juga menjadi tempat tinggal para astronaut selama meneliti di ruang angkasa. Kita juga bisa melihat dan mencari tahu sendiri alat-alat yang ada di dalam ISS.

Yuk, jalan-jalan keliling Tata Surya!