Ular Pelangi, Ular yang Punya Sisik Istimewa

By Eka Kartika, Rabu, 25 Oktober 2017 | 04:45 WIB
Ular air pelangi, Foto: Pixabay (Eka Kartika)

Jenis ular di Bumi ada bermacam-macam. Ada yang unik, menyeramkan, bahkan yang terlihat cantik. Seperti ular pelangi yang satu ini. Ular yang memiliki sisik istimewa ini tidak termasuk ke dalam ular berbahaya, kok.

Hidupnya Tak Jauh dari Air

Dalam bahasa Inggris, ular pelangi ini disebut sebagai rainbow snake atau sunbeam snake. Ular yang memiliki nama ilmiah Xenopeltis unicolor ini, biasanya hidup tidak jauh dari air. Baik itu di sekitar pantai, sungai, persawahan, dan daerah berhutan. Bahkan, juga ada yang hidup di rerumputan liar, bersembunyi di bawah kayu busuk, bebatuan, dan menggali lubang dalam lumpur.

Untuk mempertahankan diri dari predator lain, ular pelangi melindungi dirinya dengan cara mengeluarkan cairan yang sangat bau. Jika tertangkap manusia, ia akan menggetarkan ekornya kuat-kuat, sehingga orang yang menangkapnya akan terkejut dan menjatuhkan ular pelangi itu.

Punya Sisik yang Istimewa

Warna pelangi yang terlihat dari ular ini bukan berasal dari kulitnya. Sebenarnya, warna ular ini adalah coklat atau abu-abu kehitaman. Warna pelangi ini muncul dari sisiknya.

Sisik ular ini berupa lapisan transparan yang dapat membiaskan cahaya. Karena cahanya yang dibiaskan ini beragam, maka warna-warna yang muncul ini mirip seperti warna pelangi.

Sayangnya, ular pelangi banyak diburu untuk diambil sisiknya. Wah.. kasihan sekali, ya. Bisa-bisa, keberadaan ular pelangi yang cantik ini bisa berkurang.

Dapat Ditemukan di Indonesia

Keberadaan ular ini tersebar di India, Tiongkok, Burma, Kamboja, Laos, Vietnam, Thailand, Singapura, hingga Filipina. Di Indonesia, ular pelangi dapat ditemukan di pulau-pulau Sumatra, Simeulue, Kepulauan Mentawai, Riau, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi.