Pari Manta, Ikan Pari Idola Para Penyelam

By Cirana Merisa, Rabu, 25 Oktober 2017 | 03:30 WIB
Pari manta menyaring plankton dengan membuka mulut sebesar-besarnya. (Cirana Merisa)

Teman-teman tahu ikan pari, kan? Ikan lebar yang cara berenangnya terlihat seperti terbang di dalam air. Ada salah satu jenis ikan pari yang paling dicari oleh penyelam, yaitu pari manta.

Jenisnya

Pari manta ada dua jenis, yaitu reef manta dan oceanic manta. Ukuran tubuh reef manta dari sayap kiri ke sayap kanan lebarnya adalah 4,5 meter. Sedangkan oceanic manta bertubuh lebar dengan ukuran mencapai 8 meter. Saat melompat keluar air dan muncul di atas kita, pari jenis ini bisa membuat gelap sekeliling, lo.

Cara Makan

Makanan pari manta adalah plankton. Mereka makan dengan cara menyaring plankton beserta air laut melalui mulut dan insang. Pari manta menyaring plankton dengan membuka mulut sebesar-besarnya dan berenang mengikuti arus plankton.

Saat ada banyak plankton di satu area, pari manta akan berkelompok dan membentuk formasi lurus seperti berbaris agar mereka bisa menyaring plankton lebih banyak. Hal ini disebut feeding chain. Pari manta bisa menyaring plankton yang ada di dasar laut (bottom feeding) maupun di permukaan laut (surface feeding).

Baca Juga: Pari, Ikan yang Terbang di Laut

Gerakan Unik

Selain feeding chain, pari manta juga sering melakukan gerakan unik, seperti mengitari penyelam, salto, dan lain-lain. Kalau mereka tertarik pada suatu hal, termasuk manusia, mereka akan memutarinya. Maka itu, teman-teman tidak perlu takut karena pari ini tidak berbahaya. Malah mereka akan berenang menjauh kalau penyelam bergerak panik saat di dekatnya.

Usia

Pari manta bisa bertahan hidup selama 40 sampai 50 tahun, lo. Semakin dewasa, pari ini semakin jauh menjelajah laut. Pari manta dewasa bisa berenang hampir ke seluruh laut yang ada di Indonesia. Mereka juga terkadang senang melompat keluar air, seperti paus dan lumba-lumba.

Baca Juga: Fakta Menarik Ikan Pari