3 Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Bencana Alam

By Cirana Merisa, Rabu, 25 Oktober 2017 | 05:31 WIB
Penebangan hutan secara tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan banjir. (Cirana Merisa)

Pernahkah teman-teman berpikir kira-kira apa penyebab bencana alam yang sering terjadi di Bumi ini? Selain karena faktor alam, ternyata bencana alam juga bisa terjadi karena ulah manusia, lo.

Membuang Sampah Sembarangan

Sering kita melihat sampah-sampah berserakan di jalan, entah itu bungkus permen, bungkus snack, plastik, kertas, tisu, dan lain-lain. Bukan hanya di jalan, tapi sampah juga ada di selokan. Padahal, tempat sampah sudah banyak diletakkan di pinggir jalan oleh pemerintah. Namun, masih saja ada yang membuang sampah sembarangan.

Nah, kebiasaan buruk ini bisa mengakibatkan datangnya banjir, lo. Sampah yang ada di jalan bisa terbawa angin dan masuk ke selokan. Akibatnya, selokan menjadi tidak lancar dan air tidak bisa mengalir ke sungai. Kalau selokan sudah tidak penuh dengan air, air akan meluap dan membuat banjir jalanan.

Tanah yang Tertutup Aspal

Semakin banyak perumahan dan area industri, semakin sedikit hutan yang ada, semakin sedikit juga tanah yang bisa menyerap air. Jalanan yang kita lalui setiap hari terbuat dari aspal, semen, dan batu. Tanah-tanah yang ada di bawahnya jadi tertutup.

Akibatnya, air hujan yang jatuh tidak bisa diserap oleh tanah karena terhalang aspal dan batu. Air hujan akan langsung mengalir ke selokan. Jika selokan sudah tidak bisa menampung, air akan membanjiri jalanan.

Menebang dan Membakar Hutan

Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang menebang pohon-pohon di hutan atau bahkan membakar hutan untuk membuka lahan industri, baik pabrik maupun perumahan. Mereka menebang dan membakar hutan, tapi tidak melakukan reboisasi atau penanaman kembali, sehingga pohon-pohon semakin berkurang.

Penebangan dan pembakaran hutan secara tidak bertanggung jawab bisa menyebabkan banjir, tanah longsor, dan berkurangnya oksigen. Semakin banyak pohon yang ditebang, semakin sedikit jumlah oksigen untuk kita bernapas.