Hiu Greenland, Ikan Tertua di Dunia

By Cirana Merisa, Rabu, 25 Oktober 2017 | 06:39 WIB
Panjang tubuhnya hanya bertambah kurang dari satu sentimeter per tahun. (Cirana Merisa)

Ikan hiu biasanya hidup selama 20 sampai 30 tahun. Tapi ternyata ada hiu yang bisa bertahan hidup sampai 500 tahun, lo. Wah, lama sekali ya. Hiu unik ini namanya Hiu Greenland.

Usianya Sangat Tua

Hiu Greenland (Somniosus microcephalus) bisa hidup setidaknya selama 272 tahun. Namun, ada juga hiu jenis ini yang bisa hidup sampai 500 tahun. Itulah kenapa hiu Greenland ini termasuk jenis vertebrata dengan masa hidup paling lama di dunia.

Lapisan pada Mata

Untuk mengukur usia hiu ini, peneliti bisa melihat dari matanya. Hiu Greenland memiliki struktur mata yang unik karena akan tumbuh lensa seiring dengan bertambahnya umur. Semakin tua, lapisan yang ada pada lensa mata semakin banyak.

Baca juga: 5 Fakta Unik seputar Hiu yang Jarang Diketahui

Pertumbuhan yang Lambat

Pertumbuhan hiu Greenland bisa dikatakan sangat lambat. Panjang tubuhnya hanya bertambah kurang dari satu sentimeter per tahun. Penelitian mengungkapkan bahwa hiu terbesar yang panjangnya sekitar 5 meter diperkirakan berusia sekitar 392 tahun.

Habitat

Tempat tinggal hiu Greenland masih terpencil dan tidak banyak diketahui oleh manusia. Menurut penelitian, suhu air yang dingin di kedalaman laut bisa menjadi faktor panjangnya umur hiu jenis ini.

Reproduksi

Hiu Greenland baru bisa berkembang biak saat panjang tubuh mereka sudah mencapai lebih dari 4 meter. Hal ini berarti hiu jenis ini berkembang biak saat berumur sekitar 150 tahun. Karena butuh waktu yang lama untuk berkembang biak, maka kita perlu menjaga dan melestarikan hiu unik ini agar tidak punah.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Hiu Lebih Dekat!