3 Hal Penyebab Polusi Air

By willa widiana, Minggu, 29 Oktober 2017 | 05:34 WIB
3 Hal Penyebab Polusi Air (willa widiana)

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia. Tanpa air, manusia dan makhluk hidup lainnya tidak bisa hidup. Tapi sayang, air bisa tercemar oleh tiga hal ini.

Sampah

Sampah yang kita buang setiap hari bisa mencemari air jika dibuang sembarangan ke sungai, danau, atau laut. Sampah organik akan membusuk dan membuat air berubah warna, rasa, dan bau. Kalau sampah anorganik biasanya menjadi sarang kuman dan makhluk kecil. O iya, air yang tercemar sampah biasanya berubah warna menjadi hitam dan baunya menyengat.

Bahan Kimia

Bahan kimia merupakan salah satu hal yang bisa mencemari air. Bahan kimia bisa berasal dari pabrik, tumpahan minyak, dan sisa tambang. Air yang sudah tercemar oleh bahan kimia tidak bisa dikonsumsi, karena berbahaya untuk tubuh. O iya, menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan juga bisa mencemari air, lo!

Biologi

Ternyata, makhluk hidup seperti alga, cacing, dan mikroorgainsme kecil bisa mencemari air jika jumlahnya terlalu banyak. O iya, zat sisa yang dikeluarkan oleh hewan dan manusia juga bisa mencemari air, lo! Air yang sudah tercemar oleh bahan biologi seperti di atas tidak bisa diminum karena mengandung kuman dan bakteri.

Itulah 3 hal penyebab polusi air.

Ilustrasi: Ode