Penguin Adelie Penghuni Antartika

By Sylvana Toemon, Rabu, 25 Oktober 2017 | 04:55 WIB
Penguin adelie (Sylvana Toemon)

Penguin adelie dapat menyelam dengan baik di air laut yang dingin. Mereka hidup berkelompok di pantai-pantai Antartika.

Baca juga: Benua Antartika, Tempat Es Abadi Berada

Lingkaran Putih di Sekitar Mata

Penguin adelie berukuran sedang. Penguin bernama ilmiah Pygoscelis adeliae ini, saat  dewasa tingginya sekitar 60 sampai 75 cm. Beratnya sekitar 3 sampai 6 kg. Burung yang tidak bisa terbang ini berwarna putih hitam. Bagian dadanya berwarna putih cemerlang. Bagian kepala dan punggungnya berwarna hitam kebiru-biruan. Ciri khasnya adalah lingkaran putih di sekeliling matanya. Penguin jantan dan betina bentuknya mirip sekali. Tidak mudah untuk membedakannya hanya dengan melihat sekilas.

Baca juga: Yuk, Kenalan Dengan Penguin Gentoo

Penyelam yang Baik

Penguin ini dapat menyelam dengan baik di bawah gumpalan es. Ia juga dapat melompat dengan cekatan dari air ke atas bongkahan es. Gerakannya di air sangat cepat dan terlihat anggun saat berada di air. Namun, penguin ini terlihat canggung saat berada di darat. Penguin ini berjalan pelan dengan kakinya yang pendek. Kadang-kadang ia meluncur menggunakan perutnya. Cara ini memang lebih cepat dibandingkan dengan berjalan. Penguin ini mengembangkan kedua sayapnya saat meluncur menuju laut untuk menjaga keseimbangan tubuhnya.

Baca juga: Ribuan Anak Penguin Mati Kelaparan

Tidak Takut Pada Manusia

Musuh utama penguin ini adalah camar laut, anjing laut, dan paus pembunuh. Mungkin itu sebabnya mereka tidak takut pada manusia. Penguin ini akan menyambut kapal-kapal yang datang dengan ekspresi ingin tahu. Mereka juga dengan mudah membiasakan diri dengan kehadiran para ilmuwan. Para peneliti penguin ini dapat mengamati kehidupan mereka dari jarak dekat tanpa harus menyamar.