Penguin Kaisar, Penguin Besar Penghuni Antartika

By Sylvana Toemon, Rabu, 25 Oktober 2017 | 09:10 WIB
Penguin kaisar, penguin besar penghuni Antartika (Sylvana Toemon)

Penguin berukuran besar ini terlihat berwibawa, mengingatkan pada bangsawan. Itu yang membuatnya mendapatkan nama penguin kaisar.

Baca juga: Penguin Adelie Penghuni Antartika

Penguin Paling Besar

Penguin bernama ilmiah Aptenodytes forsteri ini ukurannya yang paling besar di antara semua spesies penguin. Penguin kaisar dewasa tingginya mencapai 100 sampai 120 meter. Berat badannya antara 27 dampai 40 kg. Penguin ini berwarna putih hitam dengan warna kuning atau oranye di sekitar lehernya. Penguin jantan tubuhnya lebih besar daripada yang yang betina.

Baca juga: Yuk, Kenalan Dengan Penguin Gentoo

Hidup Berkoloni

Penguin kaisar hidup berkelompok atau berkoloni. Sebuah koloni penguin kaisar terdiri dari ribuan penguin. Koloni penguin yang berkumpul di atas salju putih ini bahkan dapat dilihat dari satelit ruang angkasa. Penguin kaisar membuat sarangnya di es laut yang dekat dengan daratan Benua Antartika.

Baca juga: Benua Antartika, Tempat Es Abadi Berada

Mengerami Telur di Bawah Perut

Betina bertelur hampir setiap tahun pada musim gugur. Telur ini mereka erami di bagain bawah tubuh mereka. Telur diletakkan di antara kedua kaki dan menutupinya dengan gumpalan lemak di perutnya. Telur tetap hangat walaupun suhu di tempat mereka hidup itu sangat dingin. Telurnya akan menetas menjadi anak penguin berwarna abu-abu. Anak penguin mungil ini akan berubah warna seperti induknya ketika dewasa.