Selain Melancarkan Pencernaan, Ini Manfaat Durian Lainnya

By willa widiana, Rabu, 25 Oktober 2017 | 09:49 WIB
Apakah durian ada manfaatnya (willa widiana)

Banyak orang yang menyukai durian, karena rasanya enak dan teksturnya lembut. Tapi, banyak juga orang yang tidak suka durian, karena dianggap memicu kolesterol. Bobo jadi penasaran, apakah durian ada manfaatnya bagi kesehatan?

Ternyata,  raja buah-buahan ini memiliki beberapa manfaat, seperti:

Membantu Melancarkan Pencernaan

Durian memiliki tekstur daging yang lembut dan rasanya manis cenderung creamy. Meski rasa dan teksturnya berbeda dari buah lain, durian tetap kaya serat yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain melancarkan pencernaan, serat yang ada di dalam durian juga bisa mengurangi kembung, mulas, kram, sembelit, dan mengatasi penyumbatan di usus.

Menenangkan Pembuluh Darah

Ternyata, durian juga mengandung potassium, sama seperti pisang. Potassium adalah zat yang bertugas menyeimbangkan kandungan garam dan cairan yang ada di dalam tubuh kita. Jika potassium di dalam tubuh kita dalam keadaan cukup, maka pembuluh darah pun akan menjadi tenang. Jika pembuluh darah sudah tenang, stress pun akan berkurang.

Menjaga Kesehatan Tulang

Durian juga mengandung magnesium, mangan, dan tembaga. Zat-zat itu bisa membantu pertumbuhan tulang, lo! O iya, kandungan potassium yang ada di dalam durian juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh.

Membantu Tidur Lebih Cepat

Durian juga mengandung tryptophan. Jika zat tryptophan yang ada di dalam durian masuk ke dalam otak, zat itu akan diubah menjadi serotonin. Serotonin dalam jumlah yang banyak bisa mendorong produksi hormon melatonin. Nah, hormon melatonin inilah yang bisa menyebabkan kita mengantuk dan juga merasa rileks.

Mencegah Anemia

Kandungan lain yang ada di dalam durian adalah asam folat, zat besi, dan tembaga. Zat-zat itu cukup penting untuk produksi sel-sel darah merah. Jadi, durian itu baik dan bisa dikonsumsi oleh penderita anemia.

Wah... tak disangka, ya, kalau durian itu ada manfaatnya! Meski ada manfaatnya, kita harus tahu batasan saat mengonsumsi durian. Jika dikonsumsi secara berlebihan, pasti akan menimbulkan efek negatif.

Foto: Creative Commons