El Salvador, Kota Berbentuk Helm Romawi

By Sylvana Toemon, Kamis, 26 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Kota El Salvador berbentuk seperti helm tentara Romawi. (Sylvana Toemon)

Apabila dilihat dari atas, kota yang terletak di kaki Pegunungan Andes ini berbentuk seperti helm tentara Romawi. Kota apakah itu?

Kota El Salvador

Kota ini bernama El Salvador, di negara Cile. El Salvador ini berbeda dengan Republik El Salvador. Ini adalah kota kecil yang penduduknya hanya sekitar 7000 orang. Kota ini dibangun untuk tempat tinggal bagi orang-orang yang bekerja di tambang tembaga. El Salvador berkembang sejak tahun 1954, ketika perusahaan pertambangan Anaconda membuka tambang di daerah ini.

Baca juga: ALMA, Fasilitas Astronomi Terbesar di Dunia yang Terletak di Cile

Mitos Helm Romawi yang Hilang

Di kota ini, ada mitos yang menceritakan tentang seorang anak yang kehilangan mainan kesayangannya. Mainannya itu berbentuk helm Romawi. Ayahnya, yang menjabat sebagai petinggi di sebuah perusahaan pertambangan, kemudian membangun sebuah kota dengan bentuk helm Romawi. Sang ayah kemudian mengajak anaknya terbang di atas kota ini. Ketika melihat ke bawah, sang ayah berkata, “Lihat, Nak. Itu helmmu yang hilang!”

Kota Pekerja Tambang

Mitos itu tidak benar. Kota ini dirancang oleh Bapak Raymond Olson, seorang arsitek dari Amerika Serikat. Desain yang dibuatnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tambang Anaconda. Kota ini dihuni oleh pekerja tambang beserta keluarganya. Kota dibuat melingkar supaya berbeda dengan kota-kota lainnya. Rumah-rumah di kota ini dicat dengan 10 warna pastel yang berbeda. Benar-benar berbeda, ya.

Setelah lebih dari 50 tahun berdiri, El Salvador telah menjadi kota mandiri yang dilengkapi dengan perumahan, sekolah, toko-toko, pembangkit listrik dan juga transportasi umum. Kota ini sekarang menjadi tempat tinggal bagi pekerja tambang Codelco, perusahaan tambang milik negara Cile.