5 Planet yang Mirip Bumi

By Cirana Merisa, Sabtu, 28 Oktober 2017 | 04:35 WIB
Ada 5 planet temuan astronom yang mirip Bumi. (Cirana Merisa)

Para astronom telah menjelajah antariksa. Salah satu tujuannya untuk mencari planet-planet yang mirip Bumi yang kemungkinan layak dihuni. Ternyata ada 5 planet temuan astronom yang mirip Bumi, lo.

TRAPPIST-1

TRAPPIST-1 sebenarnya merupakan bintang kerdil yang dikelilingi oleh tujuh planet seukuran Bumi. Planet-planet ini rata-rata ukurannya hampir sama dengan Bumi. Tiga planet terdekat dengan bintang kerdil kemungkinan besar merupakan planet layak huni.

Namun, karena jarak antara planet dan bintangnya sangat dekat, waktu untuk mengorbit hanya sebentar. Planet yang paling dekat dengan bintang kerdil hanya membutuhkan waktu1,5 hari untuk sekali berevolusi. Sedangkan planet yang terjauh dari bintang kerdil membutuhkan waktu 20 hari untuk berevolusi.

Kepler-168f

Planet yang dinamakan Kepler-168F ini ukurannya sama seperti Bumi dan berada di rasi bintang Cygnus, sekitar 500 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini mengorbit bintang yang massanya hanya separuh massa Matahari dalam jangka waktu 130 hari. Planet ini termasuk planet yang layak huni.

Kepler-438b

Planet bernama Kepler-438b ini memiliki ukuran dan suhu yang sama seperti Bumi. Bintang yang diorbit oleh planet ini adalah Kepler-438 yang merupakan bintang katai merah. Jarak antara planet ini dengan bintangnya lebih dekat daripada jarak Bumi ke Matahari.

Itulah sebabnya di sana terjadi badai matahari setiap beberapa ratus hari dan sepuluh kali lebih kuat daripada badai mataharinya Matahari sehingga planet ini tidak layak huni.

Kepler-22b

Planet ini merupakan planet pertama di luar tata surya yang merupakan planet layak huni. Ukurannya 2,4 kali lebih besar dari Bumi dan mengelilingi bintang yang mirip Matahari. Waktu yang dibutuhkan untuk mengorbit bintangnya adalah 290 hari. Para ilmuwan menduga permukaan planet ini tertutup oleh lautan, seperti Bumi yang sebagian besar adalah lautan.

Proxima Centauri b

Planet ini berada di rasi bintang Centaurus dan mengelilingi bintang katai merah Proxima Centauri. Planet ini mirip Bumi dengan ukuran sekitar 1,3 kali Bumi. Para ilmuwan menduga bahwa ada air di planet ini, tapi bintang induknya sering menyemburkan lidah api yang bisa membahayakan planet di dekatnya.

Itulah 5 planet yang mirip Bumi. Menurutmu, mana yang paling mirip Bumi?