Asal-usul Gado-gado yang Masih Misterius

By Putri Puspita, Kamis, 26 Oktober 2017 | 04:45 WIB
Gado-gado yang lezat (Putri Puspita)

Siapa yang suka gado-gado? Makanan khas Indonesia yang satu ini memang sangat lezat. Bagaimana asal-usul munculnya gado-gado?

Enak dan Mengenyangkan

Yummy! Gado-gado memang makanan Indonesia yang kaya karena di dalamnya terdapat berbagai campuran bahan, mulai dari sayuran, tahu, tempe, kentang, kecambah, dan lontong. Dengan disiram bumbu kacang dan diaduk rata, jadilah makanan yang sangat enak.

Bergizi

Jika dilihat dari bahannya, makanan ini memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Gado-gado bisa membuat kenyang karena mengandung energi, karbohidrat, dan lemak.

Selain itu, makanan ini juga mengandung protein,  kalsium, fosfor, dan zat besi, serta vitamin A.

Wah, sehat ya!

Asal-usul

Tidak ada yang bisa memastikan dari mana asal gado-gado. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini adalah kuliner khas Jakarta, dibuktikan dengan lagu populer dari Jakarta yang berjudul “Gado-Gado Betawi” pada tahun 1950an.

Versi lain menyebutkan, gado-gado adalah modifikasi dari pecel Jawa yang bercampur dengan budaya Tionghoa, yang sejak dulu disukai oleh Belanda.

Selain asal makanan, tidak ada juga yang tahu pasti mengapa nama makanan ini “gado-gado”. Ada yang mengatakan, nama ini diambil dari kata “digado” yang artinya dimakan tanpa nasi. Nah, gado-gado memang tidak dimakan bersama nasi karena sudah ada lontong di dalamnya.

Namun, bagaimanapun asal-usulnya, gado-gado tetap kuliner Indonesia yang enak dan patut kita banggakan.

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID