Grassholm, Pulau Tertutup Guano

By Sylvana Toemon, Minggu, 29 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Pulau Grassholm yang tertutup guano (Sylvana Toemon)

Sebuah pulau kecil di Inggris, terlihat seperti roti yang ditaburi gula halus putih bila dilihat dari jauh. Pulau itu bernama Pulau Grassholm, pulau yang tertutup oleh guano.

Pulau Putih Guano

Pulau Grassholm adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Wales, Inggris. Seperti juga pulau-pulau di sekitarnya, Pulau Grassholm adalah pulau yang terbentuk dari batuan vulkanik. Tidak ada seorang manusia pun yang menghuni pulau ini. Namun bukan berarti pulau ini tanpa penghuni. Pulau ini adalah rumah bagi ribuan burung ganet selama beberapa bulan dalam setahun. Burung-burung ganet itu datang di bulan April sampai September setiap tahunnya. Mereka bersarang di sisi utara pulau. Akibatnya, sisi pulau ini tertutup oleh lapisan tebal kotoran burung, yang disebut juga sebagai guano. Guano inilah yang membuatnya terlihat putih.

Baca juga: Pulau Dua, Surganya Pencinta Burung

Rumah Sementara

Burung-burung ganet ini datang ke Pulau Grassholm untuk bertelur. Induk burung mengerami telurnya sampai menetas. Setelah menetas, induk betina dan jantan memberi makan anak mereka bersama-sama selama 3 bulan. Setelah sang anak cukup dewasa dan bisa terbang sendiri, keluarga burung ganet ini akan meninggalkan pulau itu. Mereka akan datang kembali di tahun berikutnya. Pulau Grassholm hanya menjadi rumah sementara bagi mereka.

Baca juga: 8 Pulau Dengan Bentuk Terunik di Dunia

Menjadi Tempat Wisata

Keunikan pulau ini mengundang banyak orang untuk datang melihatnya. Pulau ini menjadi tempat wisata. Namun, wisatawan tidak boleh turun ke pulau ini karena akan mengganggu kehidupan burung-burung ganet itu. Pulau ini dapat dilihat dari kapal yang mendekati pulau. Bila tidak berhati-hati melangkah, sarang mereka bisa terinjak. Berton-ton guano di pulau ini juga menimbulkan aroma yang kurang enak.  Lebih baik kita melihat dan mengabadikan pemandangan dari jauh.