Kuil Gotokuji, Kuil Boneka Kucing

By Sylvana Toemon, Kamis, 26 Oktober 2017 | 09:10 WIB
Kuil Gotokuji yang penuh boneka kucing maneki neko (Sylvana Toemon)

Boneka kucing yang mengangkat cakarnya sering terlihat di toko-toko di Jepang. Boneka kucing maneki neko ini juga sering terlihat menggoyangkan cakarnya, seakan-akan sedang memanggil orang yang lewat.

Maneki Neko

Boneka kucing ini disebut maneki neko, yang diyakini membawa keberuntungan kepada sang pemilik. Maneki neko biasanya dibuat dari keramik. Dalam perkembangannya, boneka kucing yang lucu ini dibuat juga dengan bahan lain seperti plastik. Bahkan ada juga boneka yang dipasangi baterai sehingga cakarnya bisa bergoyang. Boneka-boneka ini tidak hanya terkenal di Jepang, tapi juga di beberapa negara Asia lainnya termasuk Indonesia.

Baca juga: Maneki Neko, Kucing Pembawa Keberuntungan

Kuil di Pinggiran Kota Tokyo

Sebuah kuil di Jepang memiliki banyak sekali maneki neko, namanya Kuil Gotokuji. Kuil Gotokuji terletak di pinggiran kota Tokyo, terselip di lingkungan perumahan yang tenang. Bagi yang belum tahu tempatnya, mungkin saja akan melewatkan kuil ini. Di salah satu sudut Kuil Gotokuji, ada tempat yang didedikasikan untuk maneki neko. Di tempat ini ada banyaaak sekali boneka maneki neko aneka ukuran.

Baca juga: Kucing Paling Disukai di Jepang

Legenda Kucing Penyelamat

Ada banyak legenda tentang asal-muasal maneki neko di Kuil Gotokuji ini. Legenda yang paling umum terdengar adalah tentang seorang tuan tanah dari Hikone pada zaman Edo. Sang tuan tanah berteduh di bawah pohon tak jauh dari Kuil Gotokuji. Ketika sedang berteduh, ia melihat seekor kucing yang melambaikan cakarnya seperti memanggilnya masuk ke dalam kuil. Tuan tanah itu kemudian mengikuti kucing itu.  Tak lama kemudian, petir menyambar pohon yang digunakan sang tuan tanah untuk berteduh. Tuan tanah itu sangat bersyukur karena kucing itu telah menyelamatkan nyawanya.

Sebagai wujud syukur, sang tuan tanah memberikan donasi kepada Kuil Gotokuji. Dia juga menempatkan patung kecil berbentuk kucing di Kuil Gotokuji ketika kucing yang pernah menolongnya itu mati. Orang-orang lain yang datang ke kuil ini juga membawa maneki neko. Lama-lama, boneka kucing di kuil ini menjadi sangat banyak.