4 Olahraga Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

By Cirana Merisa, Kamis, 26 Oktober 2017 | 06:47 WIB
Karena saat berenang, kita akan menggerakkan hampir seluruh otot tubuh. (Cirana Merisa)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh profesor dari Sekolah Kedokteran Harvard di Amerika, daripada lari maraton, lebih baik lakukan 4 jenis olahraga ini supaya tubuh tetap sehat.

Renang

Renang merupakan olahraga yang paling sempurna. Kenapa? Karena saat berenang, kita akan menggerakkan hampir seluruh otot tubuh. Renang juga membantu kita mengatur pernapasan, menjaga kestabilan otak, dan meningkatkan detak jantung untuk menjaga kesehatan jantung. Berenang secara rutin selama 30 hingga 45 menit bisa membuat suasana hati menjadi lebih bahagia dan sehat.

Berjalan

Memangnya berjalan itu termasuk olahraga? Ya, benar. Berjalan sebenarnya termasuk dengan olahraga, memberi manfaat bagi otak, dan membuat tubh menjadi lebih sehat dan bugar. Berjalan santai dengan kecepatan yang sedang selama sekitar 30 menit bisa memperkuat fungsi otak dalam mengingat sesuatu, lo.

Baca juga: 5 Olahraga Ini Unik dan Aneh!

Latihan kekuatan

Latihan kekuatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan benda berbeban berat, seperti mengangkat barbel kecil atau bisa juga botol minum 1 liter yang diisi air. Teman-teman juga bisa berlatih kekuatan dengan tubuh sendiri, seperti melakukan push up. Latihan kekuatan ini selain untuk kesehatan juga bermanfaat untuk membuat otot agar lebih kuat.

Senam Taichi

Senam yang berasal dari Tiongkok menggabungkan gerakan senam lambat dengan alunan musik yang juga lembut. Olahraga ini membantu kita untuk mengatur pernapasan yang baik dan menjaga keseimbangan tubuh. Manfaat lain dari senam ini adalah membuat kita menjadi lebih fokus pada suatu hal.

Baca juga: Empat Olahraga Ini Bisa Membuat Kerja Otak Jadi Lebih Baik