Pantai Papakolea, Pantai Hijau di Hawaii

By Sylvana Toemon, Sabtu, 28 Oktober 2017 | 09:10 WIB
Pantai Papakolea, pantai hijau di Hawaii (Sylvana Toemon)

Bila dilihat sekilas, pantai ini terlihat seperti pantai lainnya. Makin mendekat, makin terlihat perbedaannya. Pantai ini berpasir hijau. Namanya Pantai Papakolea.

Pantai Papakolea

Pantai hijau ini terletak di Hawaii, tepatnya di Pulau Besar Hawaii. Nama ini dijadikan nama pantai ini karena pernah terlihat burung kolea di pantai ini. Kebanyakan pendatang mengenalnya dengan nama Pantai Hijau (Green Beach). Tempatnya agak terpencil, jauh dari pantai-pantai yang biasanya dikunjungi para turis. Untuk mencapai pantai berpasir hijau ini, pengunjung harus menempuh perjalanan selama beberapa jam menggunakan mobil dari Pantai Kohala. Kendaraan harus diparkir di tempat parkir. Dari tempat parkir ini pengunjung harus berjalan kaki lagi menuju Pantai Papakolea.

Baca juga: 5 Tips Liburan ke Pantai

Mineral Olivine

Pantai hijau ini adalah salah satu dari 4 pantai berpasir hijau di dunia. Warna hijau pasir ini terjadi karena adanya mineral olivine, bukan karena lumut atau rumput laut. Mineral olivine ini membuat pasir berwarna kehijauan seperti zaitun (olive). Mineral ini berasal dari letusan gunung yang terjadi ribuan tahun yang lalu.

Mineral berwarna hijau ini bercampur dengan pasir pantai. Lama-lama mineral ini akan terkikis oleh air laut. Bila hal itu terjadi, maka pantai ini akan terlihat seperti pantai-pantai lainnya, tidak berwarna hijau lagi.