Tanah Gambut, Terbentuk dari Sisa Tumbuhan

By Sylvana Toemon, Senin, 30 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Tanah gambut (Sylvana Toemon)

Tanah gambut banyak terdapat di Indonesia. Tanah jenis ini sangat mudah terbakar. Apakah kamu tinggal di daerah bertanah gambut?

Sisa Tumbuhan

Tanah gambut terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang belum sepenuhnya membusuk. Tanah gambut terbentuk di daratan yang basah. Bila diperhatikan, tanah gambut tersusun dari serpihan daun, ranting, dan kayu. Lapisan tanah gambut ini ada yang hanya 10 cm, ada juga yang sampai berpuluh-puluh meter. Di Kalimantan, lapisan tanah gambut dalamnya 30 – 40 meter.

Unsur Hara Tanah Gambut

Tanah gambut ini bersifat asam dan unsur haranya sedikit. Tanah jenis ini kadar oksigennya pun tidak banyak. Tanah gambut bukanlah lahan subur untuk menanam tanaman. Hanya sedikit tanaman pangan yang dapat tumbuh di tanah gambut. Tanah gambut harus dibakar dulu sebelum dapat ditanami. Abu yang dihasilkan oleh pembakaran tanah gambut akan menurunkan keasaman tanah sehingga dapat ditanami. Itulah sebabnya banyak orang yang membakar tanah gambut sebelum menanaminya.

Mudah Terbakar

Tanah gambut juga bisa terbakar tanpa sengaja. Tanah gambut yang kering sangat mudah terbakar. Bayangkan saja, tanah gambut terdiri dari daun-daun dan sisa tumbuhan kering. Gesekan kayu-kayu kering dapat menimbulkan api yang bisa membakarnya. Api ini dengan mudah menjalar ke sekitarnya, bahkan sampai jauh ke dalam tanah.