5 Akibat Buruk Polusi Air

By willa widiana, Jumat, 27 Oktober 2017 | 10:12 WIB
Efek negatif polusi air (willa widiana)

Air yang terkena polusi bisa menyebabkan beberapa akibat buruk. Inilah lima di antaranya.

Organisme Mati

Air pasti dihuni oleh organisme, seperti phytoplankton dan zooplankton. Kedua organisme itu merupakan sumber makanan bagi hewan-hewan kecil yang ada di dalam air. Jika airnya terkena polusi, dua organisme itu akan mati. Jika organisme mati, penghuni air akan kehilangan sumber makanan mereka.

Binatang dan Tumbuhan Mati

Binatang dan tumbuhan air merupakan salah satu sumber makanan bagi manusia. Selain jadi sumber makanan, binatang dan tumbuhan air juga bisa jadi alat untuk membersihkan air. Tetapi, air yang terkena polusi bisa membuat binatang dan tumbuhan air mati. Jika sudah begitu, manusia akan kekurangan sumber makanan.

Berubah Warna

Polusi bisa menyebabkan oksigen di dalam air berkurang. Air yang kurang oksigen akan berubah jadi keruh dan tidak sehat. Air yang mengandung sedikit oksigen biasanya jarang dihuni binatang atau tumbuhan. Tanahnya juga akan berubah jadi kurang bagus. O iya, air yang seperti ini tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca juga: Polusi Cahaya dan Akibatnya!

Menganggu Air Tanah

Air yang terkena polusi bisa meresap ke dalam tanah dan bercampur dengan air tanah. Jika sudah begitu, air tanah akan ikut tercemar dan kualitasnya menurun. Hal itu sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh masyarakat di sekitarnya. O iya, air yang terkena polusi juga bisa menimbulkan penyakit bagi tumbuhan, hewan, dan manusia. Bagi manusia, polusi pada air bisa menyebabkan penyakit kulit dan masalah pencernaan.

Bencana Alam

Polusi air bisa menyebabkan becana alam, lo! Polusi air akan membuat tanah di sekitarnya tercemar juga. Jika sudah begitu, tanaman di sekitarnya akan mati. Jika tidak ada tanaman, tanah bisa longsor dan erosi.

Nah, Teman-teman, itulah 5 akibat buruk polusi air.

Ilustrasi: pixabay.com - Rilson S. Avelar