Astrobiologi, Ilmu Tentang Penghuni Antariksa

By Sylvana Toemon, Jumat, 27 Oktober 2017 | 10:17 WIB
Astrobiologi adalah salah satu cabang ilmu astronomi yang meneliti kemungkinan adanya kehidupan di planet lain dan benda langit lainnya. (Sylvana Toemon)

Ilmu pengetahuan telah menyingkap sedikit misteri alam semesta. Bumi tempat tinggal kita ini bukan satu-satunya planet yang ada di dunia. Apakah ada kehidupan di tempat lain selain di Bumi? Nah, ilmu tentang itu dinamakan astrobiologi.

Baca juga: Planet Paling Mirip Bumi

Cabang Ilmu Astronomi

Astrobiologi adalah salah satu cabang ilmu astronomi yang meneliti kemungkinan adanya kehidupan di planet lain dan benda langit lainnya. Ilmu ini berkembang sejak ditemukannya planet-planet lain yang kondisinya mirip Bumi. Perkiraan tentang adanya kehidupan di Mars, planet tetangga Bumi, telah menjadi perhatian selama bertahun-tahun. Pemikiran ini menjadi ide berbagai karya fiksi ilmiah. Film ET dan Star Wars adalah beberapa karya fiksi ilmiah yang menampilkan makhluk-makhluk luar angkasa yang disebut juga alien.

Baca juga: Planet Mirip Planet Tatooine di Film Star Wars

Penemuan Organisme Sederhana

Pernah ditemukan organisme sederhana di sebuah meteorit. Temuan ini disambut gembira oleh para astonom yang menggeluti astrobiologi. Selain makhluk sederhana, tentunya banyak yang tertarik untuk mencari keberadaan makhluk cerdas seperti manusia. Sebuah proyek bernama Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) menandakan keseriusan pengembangan ilmu astrobiologi ini.

Baca juga: Bimasakti, Galaksi Tempat Bumi Kita Berada

Sampai saat ini ilmuwan yang menggeluti astrobiologi masih terus mencari kemungkinan kehidupan di luar Bumi. Sementara itu, alien di dunia sains fiksi pun berkembang. Alien-alien paling terkenal akan diulas dalam buku lipat yang ada di majalah Bobo nomor 34, terbit tanggal 30 November 2017. Pastikan kamu memilikinya, ya….