Uang Elektronik, Alat Pembayaran yang Cepat dan Aman

By Sylvana Toemon, Senin, 30 Oktober 2017 | 02:10 WIB
Uang elektronik, alat pembayaran yang cepat dan aman (Sylvana Toemon)

Ketika membeli sesuatu, kita menggunakan uang untuk membayarnya. Uang rupiah adalah alat pembayaran yang sah di negara kita ini. Ada uang kertas, uang logam, dan uang elektronik (e-money).

Baca juga: Uang Elektronik Itu Beragam

Pembayaran Nontunai

Pembayaran nontunai adalah pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai. Bisa dengan ditransfer, menggunakan kartu kredit, kartu debit, atau juga uang elektronik. Biasanya transaksi seperti ini menggunakan alat bantu berbentuk kartu plastik. Ketika membayar, tinggal menggunakan kartu plastik itu. Kartu plastik digesekkan atau diletakkan pada alat tertentu. Kita tidak perlu membawa uang tunai lagi.

Baca juga: 7 Cara Bijak Mengelola Uang Jajan

Lebih Cepat dan Aman

Untuk anak-anak seperti kita, tentunya belum boleh memiliki kartu kredit atau kartu debit. Kita dapat menggunakan uang elektronik chip. Dengan adanya Gerakan Nasional Nontunai (GNTT) dari pemerintah, beberapa bank bekerja sama dengan fasilitas transportasi, toko-toko, tempat wisata untuk mempermudah bila menggunakan pembayaran nontunai. Kartu elektronik chip ini ada juga yang sekaligus berfungsi sebagai kartu identitas keanggotaan.

Baca juga: Kompas Gramedia Value Card

Saat hendak naik ke bus Transjakarta atau KRL, kita tinggal menempelkan kartu ke alat khusus. Saldonya akan otomatis berkurang sebanyak harga tiket. Kita tidak perlu mengambil uang di dompet dan menunggu uang kembalian. Lebih cepat dan aman.