Bibi Ka Maqbara, Kembaran Taj Mahal

By Sylvana Toemon, Selasa, 31 Oktober 2017 | 01:00 WIB
Bibi Ka Maqbara, Kembaran Taj Mahal (Sylvana Toemon)

Taj Mahal sangat terkenal karena keindahannya. Bangunan indah ini ternyata punya kembaran, lo! Kembarannya bernama Bibi Ka Maqbara yang terletak di Aurangabad,  Maharashtra, India.

Terinspirasi Oleh Taj Mahal

Seperti juga Taj Mahal yang terletak di Agra, Bibi Ka Maqbara adalah makam. Bangunan indah ini terinspirasi oleh keindahan Taj Mahal. Bentuknya sangat mirip dengan Taj Mahal. Makam indah ini dibuat oleh Pangeran Azam Shah untuk mengenang ibundanya, Dilras Banu Begum. Perlu waktu 10 tahun untuk membangun makam ini. Pembangunannya dimulai tahun 1651 dan selesai di tahun 1661.

Baca juga: 5 Fakta Taj Mahal, Bangunan Tua yang Indah

Kerabat Mumtaz Mahal

Pangeran Azam Shah adalah cucu Mumtaz Mahal. Ayah pangeran Azam Shah, Raja Aurangseb adalah putra dari Mumtaz Mahal dan Raja Shah Jahan. Ketika Bibi Ka Maqbara dibangun, kerajaan yang dipimpin oleh Raja Aurangzeb itu tidak sekaya kerajaan yang dipimpin ayahnya. Karena itu, bahan bangunan untuk Bibi Ka Maqbara tidak semahal Taj Mahal. Hanya sebagian dari bangunan ini yang dibuat dari marmer.

Daya Tarik Wisatawan

Setelah ratusan tahun, banyak bagian dari bangunan ini yang terlihat kusam. Walaupun tidak semahal Taj Mahal, bangunan ini tetap indah dan memiliki daya tarik. Taman, ukiran, menara, dan kubah berbentuk bawangnya tetap menarik bagi wisatawan yang datang. Banyak juga yang sengaja berkunjung ke sini setelah mengunjungi Taj Mahal. Mereka datang untuk membandingkan kedua bangunan yang terlihat seperti kembar ini.