Bus Tingkat “Si Jangkung Merah”

By Sylvana Toemon, Selasa, 31 Oktober 2017 | 04:10 WIB
Bus tingkat ()

Bus tingkat berwarna merah selalu mengingatkan pada Kota London di Inggris. Tahukah kamu bahwa bus merah tingkat pernah digunakan di Jakarta?

Baca juga: Transportasi Umum di Inggris

Angkutan Perkotaan

Bus tingkat memang sering digunakan sebagai angkutan perkotaan. Bus jenis ini dapat mengangkut lebih banyak penumpang. Dalam sekali perjalanan, bus tingkat dapat mengangkut penumpang 2 kali lebih banyak. Itu karena tempat duduknya berada di 2 tingkat. Saat ini, bus tingkat yang ada di Jakarta berfungsi sebagai bus wisata untuk menikmati pemandangan Kota Jakarta.

Baca juga: Asteroid Sebesar Bus Mendekati Bumi

Si Jangkung Merah

Bus tingkat berwarna merah pernah digunakan di Jakarta pada tahun 1968 sampai 1982. Bus ini memiliki nama julukan “Si Jangkung Merah”. Bus ini memang yang paling jangkung di anatara kendaraan lainnya. Bus berwarna merah ini buatan Leyland Atlantean, di Inggris pada tahun 1968. Bus yang panjangnya hampir 10 meter itu tingginya 4,5 meter. Dalam sekali perjalanan bus ini dapat mengangkut 72 penumpang.

Baca juga: Kursi Prioritas di Angkutan Umum

Koleksi Museum Transportasi

Saat ini, bus merah tingkat tidak lagi digunakan di Jakarta. Bus yang dioperasikan oleh Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) itu sudah digantikan dengan kendaraan lain yang lebih baru. Bus merah yang telah menjadi sejarah itu sekarang menjadi salah satu koleksi Museum Tranportasi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah.