Apa Manfaat Benang Putih yang Terdapat pada Buah Pisang?

By Yomi Hanna, Minggu, 10 Desember 2017 | 11:47 WIB
Benang tipis pada daging buah pisang adalah benang floem (Hanna Vivaldi)

Saat memakan buah pisang, teman-teman akan menyadari bahwa di permukaannya terdapat benang-benang berserat berwarna putih. Nah, itu ternyata memiliki nama, lo! Namanya adalah benang floem. Bagi sebagian orang, keberadaan benang floem itu sangat mengganggu ketika hendak menikmati buah pisang. Kira-kira apa, ya, fungsi floem bagi buah pisang?

Bukan Bagian dari Daging Buah

Benang yang berwarna pucat itu memang terasa agak pahit dan cukup mengganggu ketika kita harus menyingkirkannya. Ini karena benang floem tidak bisa dibuang hanya dengan sekali tarik. Meski dilihat sekilas warnanya mirip dengan daging buah, tapi benang floem itu bukanlah bagian dari daging buah.

Memiliki Fungsi yang Penting

Benang floem terdapat di antara kulit dan daging buah pisang serta memiliki fungsi yang penting bagi tanaman ini. Benang tersebut berfungsi sebagai jaringan yang mengantarkan dan menyalurkan nutrisi serta makanan yang berasal dari akar, yang dibutuhkan oleh tanaman pisang.

Meski terasa agak pahit, benang floem tersebut aman untuk kita konsumsi, lo. Jadi, kita tidak perlu repot-repot untuk menyingkirkannya sebelum mengunyah buah pisang yang lezat.