Mugunghwa, Bunga Nasional yang Indah dari Korea selatan

By Yomi Hanna, Minggu, 5 November 2017 | 02:12 WIB
Mugunghwa, bunga nasional Korea Selatan (Hanna Vivaldi)

Di setiap negara, setidaknya memiliki satu bunga yang khas di daerah tersebut. Seperti di Korea Selatan, terdapat bunga mugunghwa yang dijadikan sebagai bunga nasional yang menggambarkan negeri mereka. Nama lain bunga ini adalah Rose of Sharon atau nama ilmiahnya Hibiscus syriacus.

Korea Pernah Disebut Sebagai Negeri Mugunghwa

Bentuk bunga mugunghwa ini mirip dengan bunga kembang sepatu. Bunga yang dikenal tangguh ini bisa  bertahan dari serangan penyakit dan serangga.

Pada masa lalu, bunga mugunghwa ini sangat dicintai oleh orang Korea karena memiliki makna yang dalam bagi negara mereka. Zaman dahulu negara Tiongkok juga menyebut Korea sebagai Negeri Mugunghwa.

Makna Bunga Nasional yang Dalam

Bunga ini langsung dijadikan sebagai bunga nasional, sesaat setelah terlepas dari masa penjajahan bangsa Jepang. Bunga Mugunghwa melambangkan perjalanan sejarah bangsa Korea selatan serta menyimbolkan banyak peristiwa gemilang yang terlah diraih bangsa ini.

Selain itu, bunga ini juga menggambarkan perjuangan masyarakat Korea Selatan. Nah, jika teman-teman ingin melihat keindahan bunga ini secara langsung, boleh berkunjung ke Korea Selatan saat bulan Juli hingga Oktober. Di bulan itu, bunga mugunghwa akan mekar selama 100 hari lamanya.