Rahasia Kulit Jeruk

By Putri Puspita, Rabu, 1 November 2017 | 03:00 WIB
Rahasia kulit jeruk (Putri Puspita)

Sebelum makan jeruk, kita akan mengupasnya. Lalu, daging buahnya kita makan. Nah, kalau kulitnya diapakan?

Eits! Jangan buru-buru dibuang, karena kulit jeruk punya banyak manfaat.

Memutihkan Gigi

Ternyata, kulit jeruk memiliki manfaat untuk mengurangi warna kuning pada gigi. Hal ini bisa terjadi karena kulit jeruk mengandung senyawa d-limonene.

Caranya pun unik. Kita bisa menggosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi selama 2-3 menit, lalu bilas. Kegiatan ini bisa dilakukan dua kali sehari.

Menurunkan Berat Badan

Sudah pernah menikmati teh kulit jeruk?

Jika daging jeruk bisa dibuat jus, maka kulitnya bisa diolah jadi teh. Hebatnya, teh ini bisa membantu seseorang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol yang berbahaya untuk jantung.

Teh kulit jeruk juga bisa membantu menyegarkan pikiran sehingga badan pun lebih segar. O iya, meski begitu, kulit jeruk harus diolah oleh orang yang ahli, tidak bisa sembarangan.

Wajah dan Rambut

Kulit jeruk memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Nah, manfaat ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit wajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, bisa dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk, madu, dan oatmeal secukupnya. Campuran ini diaduk rata. lalu dioleskan ke wajah, seperti masker. Biarkan 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Selain untuk wajah, kulit jeruk juga bisa digunakan untuk perawatan rambut karena dapat mencegah ketombe. Caranya, kulit jeruk digiling lalu dicampur air. Campuran ini dibiarkan semalaman sampai siap digunakan sebagai sampo keesokan harinya.

Banyak, ya, manfaatnya?

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID