5 Jajanan Bandung yang Terbuat dari Tepung Tapioka

By willa widiana, Rabu, 1 November 2017 | 02:15 WIB
Cireng (willa widiana)

Bandung adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Barat. Kota Kembang ini punya banyak wisata alam dan juga kuliner. Bicara soal kuliner Bandung, Bobo jadi ingat dengan 5 jajanan Bandung yang terbuat dari tepung tapioka.

Cireng

Cireng merupakan singkatan dari “aci digoreng”. Aci adalah bahasa sunda untuk tepung tapioka. Cara membuat cireng cukup mudah, lo. Kita hanya perlu mencampurkan tepung tapioka, tepung terigu, air, dan garam. Setelah tercampur dengan rata, kita bisa mencetak dan menggorengnya. Saat ini, ada cireng siap masak yang dijual di pasar dan supermarket. Jika Teman-teman merasa kerepotan untuk membuatnya, Teman-teman bisa membelinya.

Seblak

Sebenarnya, bahan utama untuk membuat seblak adalah kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka. Seblak itu ada dua, yakni seblak kering dan seblak basah. Seblak kering biasanya dijual di toko oleh-oleh. Kalau seblak basah biasanya dijual di kedai-kedai. O iya, seblak basah sudah menyebar ke Jakarta dan kota lain, lo! Kedai seblak basah bisa kita temui dengan mudah di pedagang kaki lima.

Cimol

Beberapa di antara Teman-teman pasti sudah tahu dengan jajanan ini. Sebenarnya, cimol itu hampir sama dengan cireng, hanya saja cimol dibuat tanpa tepung terigu. Jajanan berbentuk bulat kecil ini biasanya didagangkan dengan kentang goreng. Setelah itu, cimol, dan kentang akan diberi bumbu. O iya, jajanan ini sudah menyebar ke kota lain lebih dulu, daripada seblak.

Basreng

Basreng merupakan singkatan dari bakso goreng. Bakso yang digunakan untuk membuat basreng biasanya bakso ikan. Nah, salah satu bahan untuk membuat bakso ikan adalah tepung tapioka. Untuk membuat basreng, bakso ikan akan dipotong-potong tipis terlebih dahulu. Setelah itu, irisan bakso akan dijemur hingga kering dan kemudian digoreng.

Cilok

Kalau yang satu ini singkatan dari “aci dicolok (ditusuk)”. Bahan untuk membuat cilok hampir sama dengan cireng, tapi terigu yang digunakan sedikit. Biasanya, cilok diberi isian bawang goreng, abon, telur puyuh, hingga daging cincang. Makanan yang dimasak dengan cara dikukus ini biasanya disajikan dengan saus sambal atau saus kacang dan kecap. O iya, sebelum dikukus, cilok harus direbus dulu sebentar supaya tahan lama.

Itulah 5 jajanan Bandung yang terbuat dari tepung tapioka. Apakah teman-teman pernah makan salah satunya?

Foto: Creative Commons