Begini Cara Gajah Mendinginkan Badan

By willa widiana, Rabu, 1 November 2017 | 02:35 WIB
Gajah menaburkan debu ke tubuhnya. (willa widiana)

Saat merasa panas, kita pasti pergi ke tempat teduh. Namun, bagaimana dengan binatang, seperti gajah? Apa yang mereka lakukan untuk mendinginkan badan?

Berendam

Saat matahari semakin terik, para gajah akan berendam di dalam air untuk mendinginkan badan mereka. Saat berendam, para gajah biasanya menyemprotkan air dengan belalai, ke seluruh badannya. Asik sekali, ya! Tapi, air akan mengering di musim kemarau. Bagaimana gajah mendinginkan badan di musim kemarau?

Berkubang

Saat musim kemarau, gajah mendinginkan badannya dengan cara berkubang di dalam lumpur. Supaya dinginnya merata, para gajah akan mengguling-gulingkan tubuhnya hingga tertutup lumpur. Setelah puas berkubang, gajah akan membiarkan lumpur di tubuhnya mengering. Lumpur kering yang ada di tubuh gajah itu bisa menahan panasnya sinar matahari dan melindungi gajah dari gigitan serangga. Pintarnya para gajah.

Mandi Debu

Di puncak musim kemarau, lumpur ikut mengering. Jika sudah begitu, gajah akan mendinginkan badannya dengan cara mandi debu. Yap, gajah akan menyemprotkan debu ke seluruh tubuhnya. Nah, debu itulah yang akan melindungi kulit mereka dari sengatan matahari.

Nah, Teman-teman, begitulah cara gajah mendinginkan badan mereka. Unik, ya!

Teks: Joko/Willa, Foto: Creative Commons