Mengapa Alfabet Diawali Huruf A?

By willa widiana, Rabu, 1 November 2017 | 04:32 WIB
Perkembangan huruf A dalam alfabet. (willa widiana)

Bobo.id - Alfabet yang kita gunakan diawali dengan huruf A. Apakah Teman-teman tahu, kenapa alfabet diawali huruf A? Kita cari tahu bersama, yuk!

‘Alp

Pada zaman dulu, alfabet masih belum sempurna. Simbol yang digunakan untuk mengawali alfabet pun bentuknya mirip kepala sapi.

Saat itu, orang-orang menyebutnya ‘Alp. Seiring berjalannya waktu, alfabet berubah. Simbol ‘Alp yang mirip kepala sapi itupun berubah menjadi A yang yang terjatuh ke kiri, simbol itu disebut Alef.

Alfa

Saat menyebar ke Yunani, simbol Alef diubah menjadi A. Namanya juga diubah jadi Alfa. Menurut orang Yunani, huruf A itu diambil dari kata Alfa. Dalam bahasa Yunani, Alfa itu artinya awal. O iya, Alfa juga berarti 1 dalam bilangan Yunani.

Karena alasan itu, simbol A pun digunakan sebagai huruf pertama dalam alfabet oleh bangsa Yunani.

Alfabet yang diawal simbol A pun terus menyebar ke berbagai daerah dan digunakan sampai sekarang. Dari saat itu sampai sekarang, hanya terjadi sedikit perubahan pada alfabet.

Banyak Digunakan

Di Indonesia, huruf A menjadi salah satu huruf yang banyak digunakan. Huruf A banyak digunakan dalam nama orang, nama tempat, hingga nama makanan. O iya, huruf A juga digunakan untuk memberikan nilai dalam ulangan atau raport.

Itulah sedikit cerita, kenapa alfabet diawali huruf A.

Sumber: intisari.grid.id, Foto: Creative Commons