Apa Fungsi Bulu Mata?

By Cirana Merisa, Rabu, 1 November 2017 | 05:45 WIB
Bulu mata berfungsi untuk menghalangi debu yang ingin masuk ke mata. (Cirana Merisa)

Mata merupakan anggota tubuh yang penting bagi manusia. Di sepanjang kelopak mata, terdapat bulu mata yang berbaris rapi. Lalu apa, ya, gunanya bulu mata ini?

1. Melindungi dari debu dan hewan kecil

Saat teman-teman bepergian ke luar rumah, pasti teman-teman akan melewati debu-debu jalanan. Tak jarang ada juga hewan-hewan kecil yang beterbangan. Bulu mata berfungsi untuk menghalangi debu dan hewan kecil yang ingin masuk ke dalam mata. Mata akan terlindung dari benda-benda asing yang bisa membuat mata menjadi sakit.

Baca juga: Bulu Hidung Fungsinya Apa, Ya?

2. Menyaring intensitas cahaya

Bulu mata juga berfungsi untuk menyaring intensitas cahaya matahari dan cahaya lainnya seperti sinar lampu sebelum masuk ke mata. Kenapa harus disaring? Karena tidak semua cahaya baik untuk kesehatan mata, sinar ultraviolet misalnya.

Bulu mata menyaring cahaya terlebih dahulu. Jika cahaya itu aman, maka mata bisa menerima cahaya itu. Namun, jika cahaya itu bisa membahayakan mata, biasanya otak juga akan bekerja sehingga mata akan menolak untuk menerima cahaya itu dengan cara menutup mata.

Baca juga: Jaga Kesehatan Mata, yuk!

3. Mencegah menempelnya kelopak mata

Bulu mata merupakan rambut-rambut yang halus. Namun ternyata di dalam bulu mata terdapat kelenjar bernama kelenjar meibom yang menghasilkan lemak. Lemak ini bentuknya seperti minyak dan berfungsi untuk mencegah kelopak mata menjadi lengket saat berkedip.

Bulu mata sangat penting untuk melindungi mata kita. Selain manusia, ada hewan-hewan yang juga memiliki bulu mata, lo, yaitu hewan mamalia.

Baca juga: Mengapa Mata Kita Berkedip?