Wana, Desa Tradisional Warga Lampung Melinting

By Cirana Merisa, Rabu, 1 November 2017 | 07:41 WIB
Rumah di Desa Wana berbentuk rumah panggung khas suku Lampung Melinting. (Cirana Merisa)

Di bagain timur Lampung, terdapat satu desa bernama Desa Wana. Desa yang berada sekitar 80 kilometer dari kota Bandar Lampung ini merupakan tempat tinggal warga Lampung Melinting.

Rumah tradisional

Sebagian besar rumah di Desa Wana merupakan rumah tradisional berarsitektur klasik yang berbentuk rumah panggung khas suku Lampung Melinting. Di dalam rumah panggung juga masih ada beberapa peralatan masak tradisional, seperti tungku. Maka itu, suasana pedesaan terasa sangat kental dan masih asri.

Tari Melinting

Seperti suku lainnya, warga Lampung Melinting juga memiliki tarian adat yaitu Tari Melinting. Tarian ini ditampilkan pada saat menyambut tamu dan juga upacara-upacara adat seperti pertemuan adat, upacara pernikahan, dan lain-lain. Biasanya tarian ini diiringi dengan alat musik tradisional seperti gamelan.

Kain Tapis

Selain rumah dan tarian tradisional, masyarakat Lampung Melinting juga mempunyai pakaian adat yang disebut kain tapis. Kain ini dibuat dan dipakai oleh perempuan saja. Kain tapis bukan hanya sekadar pakaian tapi juga dipercaya sebagai jati diri perempuan Lampung.