Benarkah Biji Buah yang Tertelan Dapat Tumbuh di Perut?

By Yomi Hanna, Rabu, 1 November 2017 | 09:05 WIB
Apakah Biji Buah dapat Tumbuh di Perut? (Hanna Vivaldi)

Sedang asyik-asyiknya menyantap buah semangka, lalu kita tidak sengaja menelan bijinya. Ada yang bilang kalau biji tertelan, maka biji tersebut dapat tumbuh di dalam perut. Benar tidak, ya?

Biji dapat Tumbuh di Atas Tanah

Saat biji kita lempar ke halaman rumah yang ada tanahnya, biji itu mungkin bisa tumbuh bahkan suatu saat besar dan menjadi pohon. Ini karena biji tersebut jatuh di atas tanah yang memang merupakan tempat tanaman tumbuh.

Baca juga : Mengenal Wijen, Biji Putih pada Onde-onde

Ada Asam Lambung di Dalam Perut

Lain hal jika biji tersebut tidak sengaja kita telan dan masuk ke dalam lambung. Di dalam perut kita, tepatnya di lambung, terdapat asam klorida atau asam lambung. Senyawa itu berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari bahan-bahan yang berbahaya. Asam lambung langsung dapat merusak dan menghancurkan bahan-bahan berbahaya yang masuk ke dalam perut kita.

Asam lambung itu juga dapat berfungsi sebagai antiseptik dan membunuh bakteri. Jika tubuh kita kemasukan bakteri yang tidak tahan terhadap asam, maka bakteri tersebut akan mati.

Baca juga : Cita Rasa Unik Kopi Biji Salak

Biji Tidak Dapat Tumbuh di Perut

Zat asam tadi dapat menghancurkan biji-biji buah yang tidak sengaja tertelan bersama makanan. Selain itu, suasana asam yang tinggi di dalam perut membuat biji-biji buah tidak dapat tumbuh. Dan nantinya biji-biji itu akan hancur dan terbuang bersama sisa makanan kita.

Jadi teman-teman sudah tahu, kan? Bahwa biji buah yang tertelan, tidak akan tumbuh di dalam perut kita. Namun, makan buahnya tetap harus hati-hati supaya tidak tertelan bijinya. Kalau tertelan, nanti bisa tersedak saat makan buah.