Inilah 5 Fakta yang Dimiliki oleh Ozon

By willa widiana, Rabu, 1 November 2017 | 10:22 WIB
Bumi dilindungi oleh lapisan udara, salah satunya bernama ozon. (willa widiana)

Ozon merupakan salah satu lapisan udara yang bertugas melindungi Bumi. Selain memiliki tugas untuk melindungi Bumi, ozon juga punya 5 fakta yang cukup menarik, lo! Apa saja faktanya?

O3

Oksigen yang kita hirup dinamakan O2 dalam bahasa kimia. Kalau ozon dinamai O3 dalam bahasa kimia. Dalam bahasa Yunani, ozon itu artinya bau. Yap, gas ozon memiliki bau yang cukup kuat.

Melawan Sinar Matahari

Lapisan udara yang melindungi Bumi punya tugas yang berbeda-beda. Lapisan ozon bertugas melindungi Bumi dari sinar matahari. Sinar matahari bisa menghangatkan suhu Bumi dan membantu proses fotosintesis pada tumbuhan. Tetapi, jika sinar matahari langsung sampai ke Bumi (tidak ditahan oleh ozon), sinar itu bisa melukai manusia.

Menipis

Teman-teman pasti pernah mendengar, suhu Bumi semakin panas karena lapisan ozon bolong. Sebenarnya, lapisan ozon tidak bolong. Lapisan ozon hanya menipis. Lapisan ozon yang tipis tidak bisa menahan sinar matahari secara maksimal. Karena hal itu, daerah yang ada di bawah lapisan ozon tipis pun punya suhu yang lebih panas.

CFC

Lapisan ozon yang menipis itu disebabkan oleh zat kimia yang bernama chlorofluorocarbons (CFC). Zat kimia ini banyak digunakan dalam alat-alat pendingin, seperti kulkas dan AC yang dibuat sebelum tahun 1994. Saat zat CFC keluar, ia akan terbang dan menghancurkan ozon. Ozon yang sudah dihancurkan oleh zat CFC akan semakin menipis.

100 tahun

Zat CFC yang menghancurkan ozon bisa bertahan hingga 100 tahun, lo! Supaya zat CFC di udara tidak bertambah banyak, gunakan AC seperlunya, ya, Teman-teman!

Itulah 5 fakta yang dimiliki oleh ozon.

Ilustrasi: Ode