Inilah 4 Jenis Mutiara di Dunia

By Yomi Hanna, Minggu, 5 November 2017 | 02:35 WIB
Big Pearl dari kerang Pinctada Maxima (Hanna Vivaldi)

Mutiara adalah batu perhiasan yang dihasilkan oleh kerang. Tidak semua kerang di dunia ini bisa menghasilkan mutiara yang indah. Negara penghasil mutiara terbesar di dunia adalah Australia, Amerika, Jepaqng, dan beberapa negara Afrika. Nah, di Indonesia sendiri, mutiara yang berkualitas bisa kita temukan di daerah Lombok.

Mutiara ini ada banyak jenisnya, lo. Di bawah ini ada 4 jenis mutiara yang biasanya dijual dan banyak di pasaran. Yuk, kita simak informasinya!

1. Big Pearl

Ini jenis mutiara yang banyak ditemukan di daerah Australia dan Indonesia. Mutiara ini dihasilkan oleh kerang Pinctada maxima. Warna mutiaranya adalah putih dengan variasi kuning.

Baca juga : Mutiara Indah dari Tubuh si Kerang

2. Akoya

Mutiara ini berbentuk bulat sempurna dengan warna yang beragam, yaitu putih, kuning, dan merah muda. Mutiara yang banyak ditemukan di Jepang ini memiliki diameter sebesar 2 hingga 9 milimeter.

3. Mutiara Hitam atau Black Pearl

Dari namanya kita tahu bahwa warna mutiara yang satu ini adalah hitam atau gelap. Mutiara yang dihasilkan oleh kerang Black Lip ini harganya cukup mahal, lo, di pasaran. Mungkin karena memiliki warna yang unik, ya.

4. Blister

Kalau biasanya mutiara berbentuk bulat, mutiara Blister memiliki bentuk yang tidak beraturan. Mutiara ini banyak ditemukan di Tennese, Amerika Serikat. Selain bentuknya, ciri khas lainnya dari mutiara Blister ini adalah kilauannya. Di satu sisi dari mutiara ini akan tampak berkilau, sementara di sisi lainnya tidak.