Pahlawan Nasional Indonesia

By Sylvana Toemon, Senin, 6 November 2017 | 01:10 WIB
Pahlawan Nasional Indonesia (Sylvana Toemon)

Nama jalan di kota yang kita tinggali sering diambil dari nama pahlawan nasional. Nama pahlawan yang sama dijadikan jalan juga di kota lain. Di kota lain, juga ada nama jalan yang sama.

Penghargaan Kepada Orang yang Berjasa

Nama mereka diabadikan menjadi nama jalan karena jasa mereka pada bangsa kita. Mereka adalah pahlawan nasional. Mereka diangkat sebagai pahlawan nasional karena jasanya pada tanah air kita, Indonesia. Gelar pahlawan nasional diberikan kepada warga negara Indonesia yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia adalah orang yang gugur demi membela bangsa dan negaranya, atau selama hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan, atau menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa bagi pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Pahlawan

Melakukan Perbuatan Nyata untuk Masyarakat Luas

Orang yang membantumu ketika jatuh dari sepeda dapat kamu anggap sebagai pahlawanmu. Namun tidak semua orang bisa menjadi pahlawan nasional. Pahlawan nasional haruslah melakukan perbuatan nyata yang dapat dikenang oleh masyarakat luas, tidak cuma untuk 1 orang. Untuk menjadi pahlawan nasional, seseorang harus diusulkan dan melalui beberapa tahap penelitian, apakah jasanya memang layak membuat ia menjadi pahlawan nasional.

Saat ini, Indonesia mengakui ratusan orang pahlawan nasional yang berasal dari seluruh Indonesia. Siapa sajakah mereka? Di bulan November ini, kita mengenang pahlawan nasional kita, yuk. Klik di sini.