5 Hal yang Harus Ditaati Pejalan Kaki

By willa widiana, Kamis, 2 November 2017 | 09:55 WIB
5 Hal yang Harus Ditaati Pejalan Kaki! (willa widiana)

Berjalan kaki di pinggi jalan tidak bisa sembarangan, lo! Ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh kita, sebagai pejalan kaki. Berikut 5 hal yang harus ditaati pejalan kaki.

Trotoar

Saat berjalan di pinggir jalan, kita harus menggunakan trotoar. Jika ingin menyusul pejalan yang ada di depan, kita bisa mengucapkan permisi. Orang yang ada di depan kita pasti mendengarnya dan memberi kita jalan.

baca juga: Wow! Jalanan ini menghasilkan nada!

Jembatan

Jika tujuanmu ada di seberang jalan, carilah jembatan sebrang. Menggunakan jembatan sebrang akan mengurangi risiko kecelakaan. O iya, menggunakan jembatan sebrang juga bisa mengurangi kemacetan di jalan raya, lo!

Zebra Cross

Jika kita tidak menemukan jembatan sebrang, kita bisa mencari zebra cross. Garis putih ini adalah area sebrang yang disarankan. Sebelum menyebrang di zebra cross, jangan lupa untuk menengok kanan – kiri dulu, ya, Teman-teman.

Lampu Sebrang

Beberapa zebra cross biasanya dilengkapi dengan lampu sebrang. Sebagai pejalan kaki yang baik, kita harus menaati rambu dari lampu tersebut. Jika lampunya hijau, kita bisa menyeberang. Tetapi, jika lampunya masih merah, kita harus sabar menunggu.

Tidak Menelpon

Beberapa orang suka menelpon sambil berjalan. Sebenarnya, hal itu tidak disarankan karena akan mengganggu konsentrasi kita. Jika ingin menerima telpon, alangkah baiknya untuk berhenti dulu di kursi yang ada di sepanjang trotoar. Selain lebih aman, kita juga bisa lebih fokus mendengar apa yang disampaikan lawan bicara kita di telpon.

Itulah 5 hal yang harus ditaati pejalan kaki. Lima hal itu memang sedikit merepotkan, tetapi semua itu demi kebaikan dan keselamatan kita!

Ilustrasi: Ode