Batu Petoskey Michigan

By Sylvana Toemon, Sabtu, 4 November 2017 | 09:10 WIB
Batu Petoskey Michigan (Sylvana Toemon)

Batu petoskey menjadi ciri khas negara bagian Michigan di Amerika Serikat. Di tempat ini ada banyak sekali batu petoskey.

Baca juga: 5 Manfaat Air Sungai Bagi Manusia

Batu di Sungai

Batu petoskey bentuknya bulat pipih seperti batu kerikil yang biasa ditemukan di sungai. Yang membuatnya istimewa adalah motifnya yang terlihat seperti bintang bersegi 6. Batu petoskey ini dapat ditemukan di hampir seluruh bagian Michigan. Batu-batu ini ada di sepanjang sungai dan juga di danau. Keunikannya membuat batu petoskey menjadi batu resmi negara bagian Michigan sejak tahun 1965.

Baca juga: Meander, Kelokan Sungai Seperti Ular

Fosil Terumbu Karang

Batu petoskey sebenarnya adalah fosil terumbu karang. Terumbu karang jenis Hexagonaria percarinata pernah menutupi seluruh Michigan pada periode Devonian, sekitar 350 juta tahun yang lalu. Wah, sudah lama sekali, ya. Saat itu, daerah yang sekarang menjadi Michigan adalah lautan. Terumbu karang yang tertimbun lapisan tanah inilah yang kemudian menjadi batu petoskey.

Baca juga: 5 Fakta Unik Terumbu Karang

Segi 6

Nama Petoskey berasal dari "Petosegay", seorang anak kepala pemerintahan di  Ottawa abad ke-18. Petosegay itu berarti “sinar matahari terbit”. Beberapa orang mengatakan, pola karang di batu terlihat seperti sinar matahari memancar dari matahari kecil. Apabila dilihat sekilas, batu ini seperti batu kapur biasa. Ketika dibasahi atau dipoles, maka akan tampak pola khas koral yang berbintik-bintik yang membentuk segi 6 (heksagonal).

Keindahan dan keunikanya membuat banyak orang yang tertarik untuk datang berwisata ke Michigan. Tentu saja batu petoskey menjadi suvenir favorit wisatawan yang berkunjung ke sana.