Komputer Termahal di Dunia

By Sylvana Toemon, Minggu, 5 November 2017 | 03:10 WIB
Apple-1, komputer termahal di dunia (Sylvana Toemon)

Komputer Apple-1 laku terjual dengan harga $ 905.000 atau Rp 1,08 miliar. Harga itu membuat komputer ini menjadi komputer paling mahal di dunia. Secanggih apa, sih, komputer ini?

Bukan Komputer Canggih

Komputer termahal di dunia ternyata bukanlah komputer super canggih. Komputer ini adalah komputer yang dirakit oleh Steve Wozniak pada tahun 1976. Steve Wozniak bersama dengan Steve Jobs kemudian mendirikan perusahaan komputer yang saat ini sangat terkenal, Apple.  Bentuknya tidak secanggih komputer yang kita gunakan sekarang. Komputer ini terdiri dari banyak bagian terpisah, sangat berbeda dengan komputer jinjing (laptop) yang kita gunakan saat ini.

Baca juga: Siapa Penemu Susunan Tombol QWERTY?

Tidak Laku Dijual

Komputer rakitan tangan ini awalnya diproduksi sebanyak 200 buah.  Saat itu, tidak banyak orang yang mau membeli komputer karena tidak terlalu berguna bagi kehidupan sehari-hari. Selama 10 bulan pertama, Steve Wozniak dan Steve Jobs hanya berhasil menjual 25 komputer. Apple-1 yang dilelang ini adalah salah 1 dari 50 komputer yang dibuat Steve Wozniak pada musim panas tahun 1976.

Baca juga: Pods, Alat Bantu untuk Membuat Program Bagi Tunanetra

Sejarah Revolusi Digital

Komputer Apple-1 ini terjual pada lelang di Rumah Lelang Bonham, di New York, Amerika Serikat pada tahun 2014. Pembelinya adalah Museum Henry Ford di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat. Museum ini akan memajang komputer bersejarah ini sebagai bagian dari sejarah revolusi digital. Rumah Lelang Bonham memperkirakan komputer bersejarah ini akan laku terjual dengan harga $ 350.000 sampai $ 400.000. Ternyata banyak yang berminat untuk membeli komputer ini sehingga harganya semakin tinggi sampai-sampai menjadi komputer termahal di dunia saat ini.