Kenapa Air Liur Kita Menetes Saat Melihat Makanan Lezat?

By Yomi Hanna, Minggu, 5 November 2017 | 05:04 WIB
Warna-warna yang dapat meningkatkan selera makan (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman tahu apa manfaat air liur yang ada di dalam mulut kita? Ternyata cairan itu bukan ada tanpa fungsi, malahan menjadi faktor penting untuk pencernaan kita. Tugasnya cukup banyak, lo. Salah satunya adalah untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa atau gula.

Tugas Air Liur

Tugas lain dari air liur adalah untuk melindungi gigi kita dari zat-zat berbahaya yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Karena mungkin saja dari makanan dan minuman itu ada yang mengandung asam, yang bisa merusak gigi. Jika memang benar ada, air liur selalu siap untuk melindungi gigi kita.

Baca juga : Inilah Manfaat Saliva yang Perlu Kamu Ketahui

Lalu Kenapa Kita Meneteskan Air Liur Ketika Melihat Makanan Lezat?

Saat tubuh kita menerima rangsangan bau makanan yang terlihat enak dan lezat, otak seperti salah mengira bahwa kita akan segera memakan makanan itu. Oleh sebab itu otak langsung bereaksi dengan cara mempersiapkan sistem pencernaan kita untuk menerima makanan yang kita lihat.

Setelah diperintah otak, lambung akan mempersiapkan diri dan menyesuaikan jumlah asam lambung. Tidak hanya itu, otak juga memberi perintah kepada kelenjar saliva yang ada di dalam mulut untuk memproduksi air liur serta mengumpulkannya di dalam mulut.

Baca juga : Inilah Warna-warna yang Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Keadaan inilah yang sebenarnya terjadi jika kita benar-benar ingin memakan sesuatu. Namun kenyataannya otak salah memberi perintah dan mengira kita akan benar-benar mengunyah makanan lezat yang ada di depan mata. Apalagi saat perut kita merasa lapar, bisa-bisa menetes tanpa kita sadari. Duh!