Kepiting Makan Burung

By willa widiana, Kamis, 2 November 2017 | 11:05 WIB
Kepiting Makan Burung (willa widiana)

Beberapa waktu lalu, ada cerita tentang lipan yang memakan ular. Kali ini, ada cerita lain yang tak kalah aneh, yakni kepiting yang memakan burung. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Kepiting Kelapa

Kepiting yang memakan burung itu adalah kepiting kelapa. Kepiting ini bisa mencapai berat sembilan kilogram dengan panjang satu meter. O iya, kepiting ini juga bisa memanjat pohon, mencari kelapa dan memakannya.

Burung

Tetapi, seorang Profesor Mark Laidre menemukan kejadian yang cukup aneh pada tahun 2016. Ia melihat kepiting kelapa menyerang angsa batu kaki merah yang sudah dewasa. Saat diserang, burung itu sedang tidur di cabang pohon yang rendah.

Mencapit

Menurut Profesor Mark, kepiting kelapa itu mencapit si burung seorang diri. Sang burung berusaha melepaskan diri, tetapi capitan kepiting kelapa itu sangat kuat. Akhirnya, burung itupun mati di tangan si kepiting. Kasihan, ya, Teman-teman.

Omnivora

Kepiting kelapa termasuk hewan omnivora. Tetapi, Profesor Mark baru tahu kalau kepiting ini bisa memangsa hewan yang ukurannya sama besar.

Setelah melihat kejadian itu, profesor Mark jadi tahu kalau keberadaan kepiting memengaruhi burung saat membuat sarang. Menurut beliau, burung tidak akan membuat sarang di pulau yang ada kepitingnya, karena hal itu bisa membahayakan si burung dan keluarganya.

Wah... benar-benar tak disangka, ya, ternyata kepiting bisa makan burung.

Sumber: Kompas.com/Resa Eka Ayu Sartika, Foto: Kompas.com