Keunikan Si Anggur Merah dari Asia Kecil

By Putri Puspita, Kamis, 2 November 2017 | 07:06 WIB
anggur merah (Putri Puspita)

Apakah teman-teman suka makan anggur merah? Rasanya yang manis membuat kita ingin mengunyahnya lagi dan lagi.

Selain lezat, ternyata ada banyak keunikan yang anggur merah miliki. Apa saja itu?

Dari Asia Kecil

Ternyata buah anggur merah yang kita makan selama ini berasal dari Asia kecil. Di manakah itu? Asia kecil adalah sebutan untuk daerah di antara Laut Hitam dan Laut Caspian. Daerah ini adalah pertemuan antara Benua Asia dan Eropa. Nah, karena itu, anggur juga sering dijumpai di daerah Eropa.

Sahabat Jantung

Anggur merah adalah buah yang bisa menjadi sahabat jantung. Kenapa mereka bersahabat?

Hal ini karena anggur merah mengandung flavonoid yang bisa mencegah penyakit jantung. Jadi, mengonsumsi anggur merah merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung.

Jika jantung adalah sahabat dari anggur merah, ternyata alergi adalah musuhnya. Anggur merah memiliki antihistamin yang bisa bermanfaat untuk melawan alergi.

Manfaat Kulitnya

Anggur adalah buah yang langsung dimakan tanpa perlu dikupas. Namun, jangan khawatir, karena kulit anggur merah juga bermanfaat untuk tubuh. Kulitnya ini mengandung banyak saponin yang mampu mengikat kolesterol sehingga tidak bisa mengganggu peredaran darah dan jantung. Selain itu, di bagian kulit anggur juga terdapat resveratrol, zat yang bisa mencegah kanker.

Bagaimana Jika Menelan Bijinya?

Biji anggur yang kecil sangat rentan tertelan. Kamu pun tidak perlu khawatir, karena di dalam biji anggur terdapat proanthosianidin yang bermanfaat untuk tubuh sebagai antialergi, antiinflamasi, antibakteri, dan antivirus. Hanya saja, kita tetap harus berhati-hati, jangan sampai tersedak bijinya. 

Wah, banyak sekali ternyata fakta unik seputar anggur merah, ya!

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID