Ini Rahasia Berkebun Tanpa Halaman

By Putri Puspita, Minggu, 5 November 2017 | 06:35 WIB
Berkebun tanpa halaman? Kok Bisa? (Putri Puspita)

Haaah… Pasti nyaman rasanya jika di rumah ada hijau-hijau tumbuhan. Apalagi warna hijau dari dedaunan sangat baik untuk mengistirahatkan mata sehabis membaca.

Namun, jika punya rumah di kota, rasanya sulit untuk mendapatkan lahan agar bisa berkebun dan menikmati hijaunya tanaman. Jangan salah, tanpa halaman pun kita bisa untuk berkebun. Penasaran?

Gunakan Tembok

Setiap rumah pasti punya tembok. Tembok inilah yang bisa menjadi pilihan sebagai pengganti halaman rumah. Kita bisa membuat kerangka sederhana dari kawat atau kayu, lalu meletakkan pot dengan tanaman secara vertikal atau tegak lurus.

Hal ini tidak kalah cantik, lo, dengan menanam tanaman di halaman. Selain menghemat tempat, metode ini juga mempermudah kita saat menyiram karena air bisa dialirkan dari atas, sehingga mengenai semua tanaman yang disusun sejajar.

Kita juga bisa menambahkan hiasan pada tembok sehingga tampilannya menjadi lebih indah.

Digantung dengan Pot Unik

Selain tembok, pilihan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggantungnya. Kita bisa memilih berbagai pot berbentuk unik lalu digantung di antara dua lantai, seperti di tangga antara lantai satu dengan lantai dua, atau di bagian atap rumah yang menjulur ke bawah. Pastinya cantik!

Jika ingin tampilannya lebih cantik, kita bisa memilih tanaman yang memiliki bunga warna warni. Kamu bisa memilih tanaman, seperti anggrek dan begonia.

Nah, sudah tahu, kan, caranya berkebun tanpa halaman?

Tidak ada lagi alasan untuk tidak berkebun karena tak punya halaman. Siapapun bisa berkebun. Kegiatan ini juga bisa membuat hati senang dan membantu lingkungan jadi lebih segar.

Yuk, coba di rumah! Jangan lupa dirawat, ya!

Teks dan Foto: Putri Puspita | Bobo.ID