5 Hewan yang Punya Ingatan Kuat

By willa widiana, Jumat, 3 November 2017 | 04:23 WIB
Lumba Lumba, hewan yang punya ingatan kuat. (willa widiana)

Beberapa orang terlahir dengan daya ingat yang kuat. Ternyata... daya ingat yang kuat tak hanya dimiliki oleh manusia. Lima hewan ini juga punya ingatan yang kuat, lo!

Lumba-Lumba

Menurut Pak Jason Bruck, peneliti perilaku hewan dari University of Chicago, lumba-lumba punya ingatan paling kuat, diantara para hewan. Menurut beliau, seekor lumba-lumba bisa mengingat suara lumba-lumba lain, meski sudah bertahun-tahun berpisah. Dari hasil penelitian itu, beliau memperkirakan bahwa daya ingat gajah sudah dikalahkan oleh lumba-lumba.

Gagak

Burung berwarna hitam ini juga punya ingatan yang kuat, lo! Menurut jurnal Animal Behaviour, gagak bisa mengingat wajah dan suara orang yang bersikap baik dan buruk kepadanya. Saat ada orang yang bersikap buruk, ia akan menjauhi orang itu selama sebulan. Tak hanya menjauhi, gagak juga akan bersuara lebih keras dengan nada yang lebih rendah pada orang yang tidak ia sukai.

Gajah

Berkat ingatannya yang kuat, gajah bisa mengenali 30 gajah lain yang satu kelompok dengannya. Sama seperti gagak, gajah juga bisa mengingat wajah manusia. O iya, gajah akan bersikap kurang baik pada orang punya sikap jahat kepadanya. Menurut beberapa ilmuwan di National Academy of Sciences USA, gajah bisa mengenali bayangan mereka di cermin.

 

Simpanse

Tetsuro Matsuzawa dari Universitas Kyoto pernah melakukan penelitian kepada simpanse. Saat itu, beliau menunjukkan angka 1 – 9 di sebuah layar. Angka itu diletakkan secara acak. Setelah beberapa detik, angka itu dihilangkan. Tak disangka, simpanse itu bisa mengingat semua angka yang ada di layar dan tempat diletakkannya angka itu.

Kuda

Kuda sudah berteman dengan manusia sejak lama. Selain bisa diajak bekerja sama, kuda juga bisa dijadikan teman, lo! Menurut peneliti, kuda akan mengingat sikap kita. Jika kita bersikap baik, kuda juga akan bersikap baik dan mengingat kita, meski sudah lama tidak bertemu. Tetapi, jika kita bersikap jahat, kuda juga akan jahat pada kita.

 

Nah, Teman-teman, itulah 5 hewan yang punya ingatan kuat. Apakah Teman-teman pernah bertemu dengan salah satu dari mereka secara langsung?

Foto: Creative Commons